in ,

NgakakNgakak SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Mengapa IPTEK Memiliki Hubungan Yang Erat Dengan Globalisasi ?

Mengapa IPTEK Memiliki Hubungan Yang Erat Dengan Globalisasi
Mengapa IPTEK Memiliki Hubungan Yang Erat Dengan Globalisasi

Mengapa IPTEK Memiliki Hubungan Yang Erat Dengan Globalisasi? Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau disingkat IPTEK mulai berkembang pesat setelah ditemukannya Internet, dimana setelah adanya internet dan satelit, negara-negara dapat berkomunikasi dengan baik dan cepat.

Sebelum ditemukannya telepon, alat komunikasi pertama adalah Telegraf. Telegraf adalah sebuah alat komunikasi menggunakan sinyal elektrik (menggunakan morse) dengan sarananya adalah kabel. Seiring dengan dengan kemajuan teknologi, mulai berkembang dengan ditemukannya telepon, kemudian internet yang memungkinkan kita untuk mengirim surat secara online (email), kemudian berkembang dengan adanya website untuk menampilkan profile perusahaan, blog, dan beragam produk untuk dijual.

Baca juga : Cara membuat email menggunakan HP

Dari sinilah globalisasi mulai berkembang, dimana semua negara dan rakyatnya dapat dengan cepat berkomunikasi dan bertukar informasi.

Pengertian IPTEK dan Globalisasi

Apa yang dimaksud dengan IPTEK?

IPTEK adalah sumber informasi yang berkaitan dengan teknologi, baik berupa penemuan atau informasi perkembangan/ kemajuan pada bidang teknologi.

Apa yang dimaksud Globalisasi?

Menurut Wikipedia, globalisasi adalah pertukaran pandangan dunia yang terjadi akibat proses integrasi internasional, mulai dari pemikiran, produk, kebudayaan, dll.

Mengapa IPTEK Memiliki Hubungan yang Erat dengan Globalisasi

Dahulu untuk berkomunikasi itu sangat mahal, bahkan membutuhkan waktu lama jika menggunakan surat yang dikirim melalui POS, untuk itu seiring dengan perkembangan zaman, batas itu hampir tidak ada, kita dapat dengan mudah berkomunikasi baik dengan media suara atau dengan tambahan video call yang memungkinkan berkomunikasi dengan tatap muka.

Jadi intinya, semakin berkembangnya IPTEK di suatu negara, maka akan semakin mudah warga dalam mengakses informasi, berkomunikasi, dan saling bekerja sama, sehingga mendukung globalisasi.

Mengapa Indonesia perlu menyikapi perkembangan IPTEK di era globalisasi?

Kemajuan IPTEK yang tidak dapat dibendung, tentunya memiliki dampak negatif dan positif, untuk itu selain pemerintah harus dapat mengaturnya, juga kita sebagai warga negara yang baik harus dapat menyikapinya dengan baik dan bijak.

Seperti sekarang ini, banyak sosial media yang didukung oleh kemajuan IPTEK, maka kita sebagai pelajar yang baik harus pintar-pintar mengolah informasi yang masuk, jangan lantas menyebarkan info yang tidak benar.

Informasi yang tidak benar, selain akan merusak ketenteraman warga, juga dapat memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI.

Gunakan IPTEK sebagai sarana untuk belajar, bukan untuk mengadu domba atau menyebarkan info yang salah. Kemudahan akses informasi yang kita terima sekarang ini, dapat kita jadikan sebagai sarana menimba ilmu non formal, seperti belajar DIY membuat kerajinan tangan, belajar bahasa asing, dan berkomunikasi dengan teman dari negara lain.

Kesimpulan tentang hubungan antara perkembangan IPTEK dengan Globalisasi

Jadi kesimpulannya adalah IPTEK mendorong globalisasi dengan cepat, seperti tidak ada lagi tembok penghalang, semua informasi dapat kita ketahui kapan saja, dimana saja, dan biaya yang murah, namun kemudahan itu harus kita manfaatkan dengan baik juga bijak.

Baca juga : Contoh iklan promosi Sekolah

Nah, jadi jika ada yang bertanya jelaskan hubungan teknologi dengan globalisasi, kalian sudah tahu jawabannya, semoga bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu