in ,

Mengapa kesenjangan sosial dapat menyebabkan terjadinya konflik sosial

Mengapa kesenjangan sosial dapat menyebabkan terjadinya konflik sosial ?
Mengapa kesenjangan sosial dapat menyebabkan terjadinya konflik sosial ?

Mengapa kesenjangan sosial dapat menyebabkan terjadinya konflik sosial, kenapa ya? aku akan coba menjelaskan secara singkat.

Artikel terkait dengan ini yang pernah aku tulis adalah 3 Contoh Hak dan Kewajiban Juga Yang Bukan Hak, silahkan baca ya.

Secara sederhana, kesenjangan sosial adalah suatu keadaan yang tidak seimbang di suatu daerah tertentu. Misalnya terlalu banyak orang kaya atau sebaliknya.

Jadi intinya adalah tidak meratanya kemampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidup atau dalam melakukan sesuatu.

Umumnya kesenjangan sosial yang sering dikaji atau diteliti adalah tentang masalah finansial atau keuangan.

Mengapa kesenjangan sosial dapat menyebabkan terjadinya konflik sosial ?

Sebetulnya jawaban untuk soal ini sudah dibahas di atas, tetapi untuk memperdalam pemahaman kamu, maka aku buat ilustrasi sederhananya.

  • Kesenjangan sering terjadi di masyarakat adalah diskriminasi antar kelompok, yaitu kaya dan miksin, umunya yang kaya sering mendapatkan perlakuan berbeda dibanding yang miskin.
  • Kurangnya daya beli atau kemampuan seseorang untuk membeli bahan pokok. Orang miskin harus membeli makanan dengan harga yang terus naik, sedangkan gaji atau pemasukan mereka tidak naik atau bertambah.
  • Seseorang tidak bisa melanjutkan sekolahnya karena tidak memiliki biaya, jika dibiarkan tentunya akan menambah angka anak putus sekolah dan bisa mengurangi populasi generasi muda berprestasi.

Baca juga: Contoh Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Daya Alam

Nah, semoga ilustrasi sederhana yang dapat memicu terjadinya konflik sosial, semoga dapat menjawab pertanyaan. Mohon koreksi jika aku salah dalam menjawab.

Terima kasih sudah membaca Mengapa kesenjangan sosial dapat menyebabkan terjadinya konflik sosial, dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu