in

Mengapa malaikat selalu taat Allah SWT, Ini Alasannya

Mengapa malaikat selalu taat Allah SWT
Mengapa malaikat selalu taat Allah SWT

Mengapa malaikat selalu taat Allah SWT ? Manusia adalah makhluk paling sempurna ciptaan Allah SWT, maka dari itu tidak ada alasan untuk kita tidak bersyukur kepada-Nya.

Yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah adanya akal, hati nurani, dan kebebasan atau kemampuan untuk berpikir, sedangkan makhluk lain tidak.

Manusia diciptakan dari tanah, sedangkan malaikat diciptakan dari cahaya. Allah SWT juga memerintahkan manusia untuk mempercayai adanya malaikat, yang tertulis dalam Rukun Iman.

Baca juga: Apa makna Rukun Iman dan Rukun Islam?

Mengapa malaikat selalu taat Allah SWT

Malaikat diciptakan oleh Allah SWT tanpa memiliki nafsu (syahwat), sehingga tidak memiliki rasa ingin jadi yang terbaik, angkuh, atau memiliki sifat dengki kepada yang lainnya.

Baca juga: Apa saja Gelar Malaikat

Tanpa nafsu ini, membuat malaikan bisa fokus dan hanya mengerjakan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT, jadi itu lah alasan mengapa malaikat selalu taat kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman pada surat Al-Anbiya’, ayat 19 – 20.

وَمَنْ عِنْدَهُ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَلَا يَسْتَحْسِرُونَ يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُونَ

“Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.”

Rasa angkuh, dengki, ingin menang sendiri, sombong, tamak, itulah beberapa sifat yang sering hinggap pada diri manusia, sehingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu.

Perasaan itulah menghalangi kita untuk beribadah kepada Allah SWT, khususnya dengan adanya rasa malas yang sering menghantui kita untuk beribadah dan melakukan/ mengerjakan kebaikan.

Baca juga: Perbedaan Nabi dan Rasul

Itulah penjelasan singkat tentang alasan Mengapa malaikat selalu taat Allah SWT ? Semoga Allah SWT memaafkan jika aku salah dalam menjelaskannya. Terima kasih susah membaca dan membagikannya.

Advocate

Ditulis oleh Anak Pesantren

I Love Writer. Cerita dari anak pesantren yang sedang belajar jadi penulis

Years Of MembershipContent Author

Yuk tulis komentar kamu