in

Soal: Mengapa sikap terbuka dapat mendorong masyarakat melakukan inovasi kebudayaan?

Mengapa sikap terbuka dapat mendorong masyarakat melakukan inovasi kebudayaan?
Mengapa sikap terbuka dapat mendorong masyarakat melakukan inovasi kebudayaan?

Jawab soal: mengapa sikap terbuka dapat mendorong masyarakat melakukan inovasi kebudayaan? Ini pelajaran kelas 8, materi IPS, Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sobat penulis cilik, sikap terbuka adalah suatu pemikiran/ sikap dimana kita mendengarkan ataupun menerima masukan dari orang lain.

Intinya, sikap terbuka itu tidak menutup diri terhadap sesuatu, atau tidak anti terhadap sesuatu. Baca: Peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia.

Mengapa sikap terbuka dapat mendorong masyarakat melakukan inovasi kebudayaan?

Maka dari itu, dengan sikap terbuka kita bisa banyak menerima informasi bahkan update terhadap gaya hidup, baik dalam maupun luar negeri.

Indonesia termasuk negara yang tidak mengekang rakyatnya, atau sudah menerapkan sikap terbuka, salah satu contohnya masukknya budaya Korea ke Indonesia (k-pop).

Baca:
Manfaat hubungan internasional di bidang sosial budaya
Hal apa saja yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia
Mengapa bisa globalisasi mempengaruhi budaya Indonesia

Dari sini juga bisa terjadi yang namanya asimilasi, yaitu dua kebudayaan yang menyatu tetapi menghilangkan ciri khas budaya asilnya kemudian menjadi kebudayaan baru.

Contohnya: Digunakannya pakain bikini di pantai oleh orang Indonesia, yang ini merupakan budaya asing.

Kesimpulan: Inovasi kebudayaan akan cepat terjadi jika warga saling terbuka dalam menerima budaya baru. Namun harus tetap diingat bahwa sebagai warga negara Indonesia kita juga harus pandai memilah dan memilih budaya asing, sehingga tidak kehilangan jati diri bangsa.

Baca:
Perbedaan antara Asimilasi dan Akulturasi
Manfaat keragaman sosial budaya
Manfaat hubungan internasional di bidang ekonomi, kemanusiaan, sosial budaya, ideologi

Jadi itulah penjelasan singkat dari soal: Mengapa sikap terbuka dapat mendorong masyarakat melakukan inovasi kebudayaan? Terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu