in

Mengenal karakter anak dan cara mengatasinya

Mengenal karakter anak dan cara mengatasinya
Mengenal karakter anak dan cara mengatasinya

Mengenal karakter anak. Hi Bunda, pada artikel parenting ini aku akan menjelaskan tentang 3 karakter anak yang umum di temui dan cara mengatasinya.

Anak memang dilahirkan memiliki karakter yang berbeda-beda, walau anak kembar sekalipun, namun apakah Bunda sudah tahu bagaimana cara mengatasinya?

Ada 3 tipe karakter yang umum kita jumpai, yaitu pemalu, aktif, dan yang mudah diatur atau penurut ikut apa kata Ayah dan Bundaya.

Baca juga: Template jadwal kegiatan harian anak

Memahami atau mengenal karakter anak

Hal yang paling melelahkan adalah ketika anak sudah diatur, harus extra sabar dalam menghadapinya, apalagi jika anak itu tantrum, hmm, pusing, hehe.

Apa itu karakter anak?

Pengertian karakter anak menurut para ahli adalah:

Pengertian karakter anak

Berikut ini beberapa tipe anak versi saya yang di publish penulis cilik menjadi bahasan kali ini, dalam mengenal karakter anak juga tumbuh kembang anak diantaranya:

Karakter anak pemalu atau penakut

Dalam menghadapi anak pemalu ini, Bunda harus sering mengajaknya berkumpul, ajarkan padanya pentingnya bersosialisali, yang penting bunda terus mengulang kata-kata ajakan itu.

Sesekali berkunjung ke rumah saudara, ajak dia, dan biarkan bermain bersama saudara-saudaranya yang lain. Jika bermain di playground, kenalkan dia dengan teman yang bermain di sana, biasakan untuk selalu berani kontak dengan yang lain.

Namun, yang perlu diingat adalah Bunda harus tetap memperhatikannya, karena anak usia 5 tahun sudah tahu yang namanya jahil.

Baca juga: Amalan doa agar anak pintar dan cerdas

Karakter anak aktif/ ceriwis/ rewel/ moody

Menurut penulis buku Secure Relationships: Nurturing Infant-Toddler Attachments in Early Care Settings, Alice Sterling Honig, Ph.D., menjelaskan bahwa anak memiliki karakter ini memiliki perasaan peka dibanding anak yang lain.

Bunda harus sabar dan tabah menghadapi anak ini, hehe. Selain memiliki batas kesabaran yang cukup rendah, akibatnya jika salah menanganinya anak ini sering tantrum.

Anak yang memiliki karakter seperti ini juga susah beradaptasi dengan kondisi atau situasi baru, apa lagi jika diminta untuk tidur siang, hmm susahnya.

Ikuti polanya, karena jika Bunda menghentikan apa yang sedang dia lakukan malah akan berontak, ruang gerak yang luas dan merasa leluasa ini akan membantunya dalam beraktivitas. Jangan lupa terus ulang-ulang kata sabar atau ajakan kepadanya untuk tetap bisa mengontrol emosinya.

Baca arikel:
Parenting adalah
Nama bayi perempuan islami

Karakter anak penurut

Anak adalah anugerah tuhan yang senantiasa harus kita syukuri, apalagi jika memiliki anak patuh dan tidak susah apapun. Perhatian anak harus tetap sama, jangan dibebedakan, karena akan timbul rasa cemburu jika Bunda mempunyai 2 atau 3 anak.

Ketika masuk TK atau PAUD, biasanya ada tes kepribadian anak, saran saya ikutkan anak Bunda yang masih kecil, sebab ada yang bisa test hanya dengan membaca sidik jari.

Tidak apa-apa jika harus membayar biaya tambahan, tetapi manfaatnya Bunda dapatkan dengan baik dalam mendidik anak.

Baca terkait:
Anak susah makan
Perubahan apa yang terjadi pada masa pubertas

Kesimpulan

Sifat yang dimiliki anak anak berbeda itu sudah pasti, tetapi percayalah pengulangan kata-kata atau apa yang Bunda coba untuk diutarakan berulang-ulang, maka anak juga akan mengerti maksudnya.

Sebab, sugesti dari kata-kata itu masuk ke dalam alam bawah sadar pikirannya, walau tidak langsung, tetapi dia menangkap dengan jelas.

Baca selengkapnya:
Tabel berat badan anak usia 1-5 tahun
Permainan anak yang mendidik

Jadi itulah sharing sedikit dari saya tentang Mengenal karakter anak dan cara mengatasi berbagai macam pribadi anak. Jangan lupa subscribe channel anak aku ya Bun!

Jasmine Anak Pintar

Enthusiast

Ditulis oleh Bunda Amel

Years Of MembershipQuiz MakerContent Author

Yuk tulis komentar kamu