in

Mengulik Lebih Dalam Apa Itu Cerita Jenaka dan Contohnya

Apa Itu Cerita Jenaka dan Contohnya
Apa Itu Cerita Jenaka dan Contohnya

Apa Itu Cerita Jenaka dan Contohnya. Cerita jenaka, sebetulnya bukanlah suatu hal yang asing di telinga orang Indonesia. Apalagi jika dihubungkan, dengan kebiasaan masyarakat yang selalu bercanda. Cerita jenaka secara tidak langsung, bisa dikatakan sebagai hasil dari ‘bercanda’ kebiasaan masyarakat.

Untuk kamu, yang saat ini, ingin mengenal lebih dalam soal cerita jenaka. Kamu beruntung, karena hari ini, kamu bisa mendapatkan jawabannya, dengan membaca artikel ini pastinya. Tanpa berlama-lama lagi, jadi yuk, kita langsung ke pokok pembahasannya.  

Cerita Jenaka Itu Apa?

Berikut ini, poin-poin yang bisa membantu kamu. Untuk memahami apa itu cerita jenaka, dengan lebih mudah dan cepat. Mohon disimak dengan teliti, supaya tidak ada yang salah lagi

Cerita Jenaka Adalah Cerita Rakyat

Iyah, cerita jenaka termasuk kedalam cerita yang banyak berkembang di masyarakat. Tetapi, yang membedakan, cerita jenaka dengan cerita rakyat pada umumnya. Terletak pada penyajian cerita, cerita jenaka umumnya dikemas dengan gaya bahasa yang bisa mengundang gelak tawa.

Sifat Cerita Khayalan

Cerita jenaka, dibuat sengaja oleh setiap pengarangnya. Tidak ada yang benar-benar terjadi, sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Kalaupun ada yang kenyataan, pengarang biasanya mengemas kembali kisah nyata tersebut, menjadi lebih menarik dan lebih menimbulkan gelak lawa tentunya.

Penyampaiannya Penuh Humor

Ini nih, yang menjadi khasnya cerita jenaka. Bukan cerita jenaka namanya, kalau tidak menimbulkan gelak tawa. Diambil dari kata jenakanya aja, yang berarti membangkitkan tawa. Jadi, kalau kamu bercerita terus orang lain tertawa, bisa jadi cerita kamu itu termasuk juga kepada cerita jenaka. Cuman belum terkenal aja, betul?

Memiliki Fungsi Menghibur

Kebanyakan cerita jenaka, sifatnya menghibur alias membuat orang lain tertawa. Tetapi walaupun begitu, ada juga cerita jenaka yang dibuat untuk mengkritik seseorang. Diantaranya, anggota masyarakat yang memiliki sifat sombong. Kayaknya, meme yang isinya mengkritik dikemas secara menggelitik, bisa jadi terinspirasi dari cerita jenaka. Iyah enggak sih?

Tokoh Cerita Jenaka

Biasanya nih, dalam cerita jenaka akan selalu ada tokoh utama. Tetapi yang menarik, si tokoh utama ini tidak seperti tokoh lainnya yang digambarkan baik atau berani. Melainkan, si tokoh utama ini memiliki sifat yang konyol, dan bodoh. Dan tingkah laku si tokoh utama inilah, yang mengundang gelak tawa setiap orang yang mendengar cerita jenaka. Menarikkan?

Bagaimana, setelah mengetahui beberapa poin diatas. Kira-kira, sekarang kamu sudah mendapatkan jawaban belum nih apa arti cerita jenaka? Kalau sudah, kabar baik. Karena dibawah nanti, ada contoh-contoh cerita jenaka yang bisa menambah pengetahuan dan pemahaman kamu pastinya.

Mohon disimak dengan teliti lagi, woke?

Contoh-Contoh Cerita Jenaka

Setelah tadi, kamu sudah memahami apa arti cerita jenaka. Kini saatnya, kamu berkenalan dan memahami beberapa cerita jenaka yang ada Indonesia. Penasaran? Geser kebawah, untuk menjawab rasa penasaran yang kamu rasakan

Abu Nawas

Persis seperti namanya, abu nawas adalah seorang pujangga arab klasik. Ada dua darah yang ada ditubuhnya, yaitu persia dan arab. Dalam cerita jenaka, beliau selalu digambarkan sebagai sosok yang bijaksana sekaligus kocak. Banyak sekali cerita abu nawas, yang bisa kamu nikmati hari ini. salah satunya adalah, pada saat dia berpura-pura gila dengan menaiki pohon pisang. Kebayang dong, kocaknya seperti apa?

Si Kabayan

Hayoh, ada yang pernah mendengar nama ini tidak? Kalau jawaban kamu sering, kemungkinan besar kamu berasal dari Jawa Barat dan tinggal di lingkungan sunda. Cerita si kabayan, memang terkenal sekali di golongan masyarakat sunda. Tokoh khalayan yang diceritakan,memiliki karakter yang cerdas tetapi polos ini, jadi andalan orang sunda untuk bisa tertawa. Betul?

Lebai Malang

Jangan tertawa dulu, setelah membaca kalimat judulnya yang Lebai Malang. Karena, ya, memang begitu adanya, cerita jenaka yang berasal dari sumatera Barat ini, menceritakan tentang bapak yang diberi nama Pak Lebai Malang. Yang lucunya, pak Lebai ini memiliki pemikiran yang berubah-ubah karena dia memiliki sifat yang tamak. Kalau Pak Lebai disuruh membersihkan kamar mandi, dengan imbalan 2 juta. Menurutmu dia mau tidak yah? hehehe

Setelah kamu menyimak artikel ini, sampai disini. Jadi penasaran, apakah pertanyaan kamu soal apa itu cerita jenaka, dan apa saja contohnya sudah terjawab apa belum sekarang?

Yuk tulis komentar kamu