in

NgakakNgakak

Mengulik Lebih Dalam Lagi Soal Apa Itu Saga dan Contohnya

Apa Itu Saga dan Contohnya
Apa Itu Saga dan Contohnya

Apa Itu Saga dan Contohnya. Saga agaknya memang jarang dibahas, baik di berbagai tingkatan pendidikan maupun di lingkungan kemasyarakatan. Padahal, karya sastra yang satu ini juga enggak kalah unik dan menarik untuk diulik. Bagaimana tidak unik dan menarik, bisa dibilang karya sastra ini perpaduan antara kisah sejarah yang sifatnya kenyataan, dengan imajinasi yang sifatnya khayalan. Keren kan?

Tetapi, walaupun begitu, untuk kamu, yang saat ini ingin mengenal apa itu saga.Tidak perlu khawatir, karena kamu berada di tempat yang tepat. Karena artikel ini, bisa membantu kamu untuk mendapatkan pemahaman apa itu saga, juga dengan contoh-contohnya. Paket lengkap bukan? Jadi yuk, tanpa basa-basi kita langsung ke pembahasan inti

Apa Itu Saga?

Untuk mempermudah kamu memahami apa itu saga, berikut poin-poin penting tentang Saga yang wajib kamu ketahui dan pahami. Mohon disimak dengan teliti, woke?

Saga Termasuk Kedalam Jenis Legenda

Iyah, saga bisa dikatakan termasuk kedalam cerita yang berkembang di masyarakat, tentang hal-hal tertentu. Tetapi, untuk Saga ‘hal-hal tertentu’ nya ini adalah seseorang yang dianggap pahlawan, yang memiliki sifat kepahlawanan. Bukan asal-usul tempat, seperti yang ada pada legenda pada umumnya. Mulai kebayang dong yah, sekarang perbedaan saga dengan cerita lain ada dimana?

Tidak Diketahui Siapa Pengarangnya

Ini nih, yang paling menarik dan bikin penasaran soal Saga. Walaupun saga bisa dibilang, termasuk kedalam jenis karya sastra lama. Identitas dari mana awalnya dan siapa yang membuatnya, biasanya tidak diketahui secara jelas. Agaknya karena memang penyebaran saga yang seringnya, secara lisan dan turun-temurun menjadi faktor yang mempengaruhinya. Masuk akal tidak nih, kira-kira?

Ada Kesamaan Tema Tiap Cerita Saga

Serius, biasanya, antara satu jenis saga, dengan jenis saga yang lain memiliki satu tema. Kalau tidak kerajaan, ya, kepahlawaan, mungkin tema nya bisa saja bukan kerajaan, tetapi tetap saja ‘kepahlawanan’ nya itu akan mengikuti, dalam bentuk secara langsung atau pun tidak langsung. Kalau gini ceritanya, kalau enggak ada kepahlawanan bisa jadi bukan saga. Iya enggak sih?

Tidak Ada Kejelasan Latar Belakang Cerita

Ini juga, yang bisa menjadi ciri khas Saga yang perlu kamu ketahui. Biasanya, cerita saga itu, tidak ada kejelasan soal tempat dan latar belakang ceritanya. Baik itu dari segi waktu, juga tempat. Tetapi anehnya, cerita saga ini tetap menarik, walaupun tidak ada kejelasannya soal latar belakang tempat dan waktu. Kira-kira, menurut kamu kenapa nih?

Cerita Kental dengan Unsur Tradisional

Betul banget, cerita saga ini biasanya kental sekali dengan unsur yang tradisional. Baik dari segi waktunya yang mematok masa lalu, temanya yang tidak akan jauh kerajaan dan kepahlawanan, hingga gaya kebahasaan penceritaan dan tokoh pun masih tradisional. Seperti sebutan Dayang, Pangeran, Puteri, dan yang sebagainya. Betul apa betul nih?

Gimana, setelah menyimak artikel ini sampai disini. Tentu, kamu sudah mulai paham dong yah apa itu saga? Tambah lagi yuk, pemahaman kamu soal saga, dengan mengetahui contoh-contoh Saga yang ada di Indonesia. Supaya pemahaman kamu, jadi makin lengkap pastinya.

Contoh-Contoh Saga

Wah, kamu memutuskan hal yang tepat, untuk melengkapi pemahaman kamu soal Saga, hebat sekali. Disimak dengan teliti lagi, contoh-contoh saga dibawah ini. Siap?

Calon Arang

Jangan tertawa dulu, membaca judulnya yang calon Arang. Saga ini bukan menceritakan orang yang memiliki kulit hitam kok, tetapi tentang seorang janda yang memiliki ilmu hitam. Tetapi sayangnya, Calon Arang menggunakan ilmu hitamnya untuk kejahatan. Akibatnya, ini berpengaruh pada puterinya yang susah mendapatkan suami karena takut dengan dia. Menarikkan ceritanya?

Lutung Kasarung

Hayoh, pasti sering mendengar nama saga ini dong? Kalau iyah, berarti bisa jadi kamu masyarakat sunda nih, hayoh ngaku. Saga ini berisi tentang kisah tperjalanan Sanghyang Guruminda yang diturunkan ke bumi dalam wujud monyet. Yah, bisa dibilang, mungkin mirip-mirip seperti cerita bidadari yang turun dari kayangan. Betul apa salah nih, kira-kira?

Baca:
Lutung Kasarung
Tokoh cerita di daerah sunda

Si Pitung

Kalau saga ini kamu pernah mendengar tidak nih? iyah, saga ini berisi tentang kisah Si Pitung  yang sebetulnya nama aslinya itu Salihoen. Menariknya, saga ini ada beberapa versi, ada versi Indonesia, Belanda, dan Cina. Luar bisa sekali bukan, tertarik untuk membaca saga ini tidak?

Setelah menyimak artikel ini, sampai selesai. Kira-kira, kamu sudah memiliki jawaban belum nih apa itu saga dan apa saja contohnya?

Sumber:

  • https://kabarkan.com/saga-adalah/
  • https://bobo.grid.id/read/082580007/jenis-jenis-dan-contoh-cerita-fiksi-legenda-fabel-mite-dan-saga?page=all#:~:text=Saga%20merupakan%20cerita%20rakyat%20yang,%2D%20Lutung%20Kasarung.
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Calon_Arang
  • https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/jemima/dongeng-nusantara-lutung-kasarung-dan-purbasari
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Si_Pitung

Yuk tulis komentar kamu