in

Misteri Laut Terdalam Yang Harus Kamu Tahu

Misteri Laut Terdalam Yang Harus Kamu Tahu
Misteri Laut Terdalam Yang Harus Kamu Tahu

Misteri Laut Terdalam Yang Harus Kamu Tahu. Laut adalah kumpulan air asin di permukaan bumi yang sangat banyak. Laut juga merupakan pembatas antar pulau dan benua yang ada di bumi ini. Berikut ini adalah beberapa fakta seputar laut yang harus kamu tahu:

1. Berapa Luas Samudera Pasifik

Lautan Pasifik adalah samudera terbesar dan terdalam di bumi. Airnya menutupi lebih dari sepertiga permukaan bumi. Setengah air bebas yang ada di bumi ada di Samudera pasifik. Samudera Pasifik adalah lembah lautan tertua yang berusia ratusan juta tahun.

Misteri Laut Terdalam Yang Harus Kamu Tahu
Misteri Laut Terdalam Yang Harus Kamu Tahu

2. Berapa luas dan dalam samudera

Kedalaman samudera bisa mencapai 3.790 m. Sedangkan luas samudera meliputi 71% permukaan bumi, jadi intinya lebih luas lautan dibandingkan dengan daratan.

Baca Juga: Sikembar yang bertukar peran

3. Kenapa air laut asin

Air laut berasa asin karena mengandung garam dan mineral lainnya. Garam dan mineral itu sampai ke laut karena terbawa air hujan. Garam dapur berasal dari air laut setelah diolah terlebih dahulu.

4. Berapa banyak garam di lautan

Jika seluruh lautan dikeringkan, maka garam2 yang tersisa akan cukup untuk membuat tembok raksasa. Tinggi tembok tersebut 280km dengan tebal 1.6km.

5. Mahluk apa saja yang hidup di laut

Semua mahluk hidup seperti hewan laut, tumbuhan yang hidup di laut, dan karang-karang yang indah di dasar laut itu adalah biota laut. Di laut tinggal hewan terbesar di dunia, yaitu paus biru. Ada juga lumba-lumba yang cerdik dan suka menolong.

6. Tumbuhan apa saja yang ada di laut

Selain hewan, ada tumbuhan laut. Rumput laut adalah salah satu tumbuhan yang paling dikenal. Selain itu, ada juga alga atau ganggang laut dan bunga laut. Tumbuhan laut biasanya tumbuh di tempat yang dangkal.

7. Apa itu palung

Palung adalah bagian terdalam di samudera. Palung marina adalah palung terdalam di bumi. Kedalamannya lebih 11km di bawah permukaan laut. Gempa bumi dan letusan gunung merapi di sekitar palung.

Baca juga: Skenario kejutan ulang tahun

8. Kenapa terjadi tsunami

Tsunami adalah gempa bumi di dasar lautan. Tsunami tersebut menimbulkan gelombang air laut amat besar. Gelombang tsunami bisa mencapai ketinggian 30m atau 30 kaki

9. Apakah hewan terbesar di laut

Paus biru adalah hewan terbesar di bumi. Tubuhnya lebih besar dibandingkan dinosaurua. Ia tinggal di laut dalam.Paus biru hanya makan ikan2 kecil. Panjang pajs biru melebihi 33 m atau sepanjang lapangan basket dan beratnya lebih 136 ton atau setara 15 bis sekolah.

Nah sobat, itu Misteri Laut Terdalam Yang Harus Kamu Tahu, semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang laut, sehingga jika ada tugas atau soal di sekolah, kalian bisa mengerjakannya.

Ditulis oleh Dimas A

Cita-citaku ingin menjadi seorang Dokter yang bisa merawat dan mengobati orang yang tidak mampu, menulis hanya hobi sesaat untukku... :)

Years Of MembershipStory MakerContent Author
Balas komentar
  1. so great God created this universe including the beautiful sea, simply by not throwing plastic waste into the sea it can save various types of marine animal species

  2. Jadi ingat cerita Nabi Nuh yang dimakan ikan kemudian atas izin Allah SWT diperintahkan untuk di daratan, ada yang tahu ikan apa?

  3. Aku suka laut karena aku suka pantai, hewan yang aku suka di laut itu ikan pari, karena bentuknya lucu dan ekornya berbahaya!

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi