in

SenangSenang KerenKeren

Nama anak Nabi Muhammad SAW dan wafatnya

Nama anak Nabi Muhammad SAW dan wafatnya
Nama anak Nabi Muhammad SAW dan wafatnya

Nama anak Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah Nabi terakhir dari 25 nabi, berkat kesabaran dan keikhlasan beliau dalam menyebarkan agama Allah, kita semua mengenal agama Islam.

Ada banyak kisah teladan Nabi Muhammad SAW yang dapat kita contoh, karena sebaik-baik manusia yang ada di dunia ini adalah beliau.

Sebagai umat Islam, kita wajib meyakini adanya nabi dan rasul, sebab itu adalah bagian dari Rukun Iman. Tahukah kamu siapa saja Nama anak Nabi Muhammad SAW?

Baca juga: Perbedaan Nabi dan Rasul

Nama anak Nabi Muhammad SAW

Sebagai manusia pada umumnya, beliau juga menikah dan memperoleh keturunan. Allah SWT memberikan keturunan (putra/ putri) yang berjumlah 7 orang. 4 anak perempuan dan 3 anak laki laki.

Berikut ini aku coba sebutkan putra putri Rasulullah dari pernikahannya dengan Khadijah dan beberapa lainnya, diantaranya:

Nama anak nabi muhammad dari Siti Khadijah

Beliau menikah dengan Siti Khadijah, dan diberikan keturunan sebanyak 6 orang, diantaranya.

Fatimah Azzahra binti Muhammad

Fatimah binti Muhammad dilahirkan setelah 5 tahun kenabian, yaitu pada tanggal 10 Jumadil Akhir. Nama ini adalah doa dari beliau, agar kelak putrinya ini menjadi teladan dengan memiliki wajah yang berseri-seri dalam berbagai keadaan apapun. Wafat 13 Ramadhan tahun 11 H dalam usia 27 tahun.

Ruqayyah binti Muhammad

Dilahirkan pada usia Nabi 33 tahun, menikah dengan Ustman bin Affan, kemudian hijrah bersamanya ke Habasyah. Mereka memperoleh anak, sekaligus cucu bagi beliau. Nama cucu nabi muhammad bernama Abdullah.

Ruqayyah wafat pada bulan Ramadhan tahun 2 H/ Maret 624, pada waktu itu bertepatan dengan Pertempuran Badar

Zainab binti Muhammad

Ia menikah dengan laki laki bernama Abul Ash Al Rabi dan memiliki dua orang anak bernama Ali yang meninggal ketika bayi dan Umama. Wafat pada tahun 8 H/ 629 M di kota Madinah, pada usia beliau 29 tahun.

Ummu Kultsum binti Muhammad

Lahir 6 tahun sebelum diutusnya kenabian, ketika Nabi berumur 34 tahun. Beliau menikah dengan Ustman bin Affan. Wafat pada bulan Sya’ban tahun ke-9 H/ 630 Masehi.

Abdullan bin Muhammad

Meninggal ketika masih kecil, pada tahun 615 Masehi. Ia diberikan julukan Thayyib, artinya baik dan Thahir artinya bersih atau murni, dimana harapannya agar menjadi orang yang bersih akhlaknya.

Qasim bin Muhammad

Putra sulung dari Nabi Muhammad, beliau meninggal pada 605 Masehi, lebih tepatnya sebelum usia 2 tahun. Dikebumikan di Jannatul Mu’alla, Makkah, Saudi Arabia.

Baca: Sifat terpuji Nabi Idris As

Nama anak nabi muhammad dari Maria al-Qabtiyya

Dari pernikahan dengan Maria al-Qabtiyya, dikaruniai 1 orang anak laki-laki.

Ibrahim bin Muhammad

Lahir pada tahun 8 Hijriah, ia diberi nama sama dengan Nabi Ibrahim, yang menjadi leluhur bagi bangsa Arab dan Israel. Sebagaimana kebiasaan bangsa arab waktu itu, beliau disusui oleh Ummi Sayf.

Baca juga: Perbedaan malaikat, manusia, dan jin

Nama anak nabi muhammad dari Siti Aisyah

Sayangnya pernikahan beliau dengan Siti Aisyah, tidak dikaruniai anak. Walaupun demikian Siti Aisyah adalah sosok perempuan yang cerdas dan memiliki ilmu sangat tinggi. Ajaran Islam, khususnya masalah rumah tangga dan urusan wanita, banyak bersumber dari beliau yang dekat dengan Nabi.

Jadi, putra putri Nabi Muhammad dengan Siti Aisyah itu tidak ada. selain 3 istri Nabi di atas, masih ada beberapa lagi, namun tidak mendapatkan keturunan.

Terima kasih sudah membaca artikel penulis cilik yang aku buat ini, mohon koreksi jika ada kesalahan. Aku mendapatkan sumbernya dari wikipedia.

Yuk tulis komentar kamu