in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Nama ikan yang bisa memanjat pohon adalah tembakul

Nama ikan yang bisa memanjat pohon adalah tembakul
Nama ikan yang bisa memanjat pohon adalah tembakul

Ikan yang bisa memanjat pohon adalah ikan tembakul. Hi teman teman, apa kabar kalian semua? Semoga hari ini menyenangkan, sekolahnya juga berjalan dengan lancar, Aamiin. Kali ini kita akan membahas tentang Ikan yang aneh.

Ikan tembakul, ikan yang bisa hidup didua alam, yaitu darat dan air, matanya mirip sekali dengan kodok, giginya tajam, bentuknya mirip kapal selam, dan kepalanya besar. Panjangnya sekitar 15 cm dan menurut wikipedia ada sekitar 35 spesies ikan ini. Nama atau sebutan ikan ini juga banyak, diantaranya:

  • Timpakul
  • Tempakul
  • Gelodok
  • Belodok
  • Belodog/ blodog/ belacak (dalam bahasa Melayu)
  • Gabus laut
  • lunjat
  • Mudskipper (dalam bahasa Inggris)

Daftar Isi

Ikan yang bisa memanjat pohon

Ikan tropis ini, biasa hidup di muara yang tepinya berlumpur, rawa, dll. Menghabiskan waktu di darat lebih banyak, pokoknya sekitar 90% ikan tembakul hidup di darat. Makanannya adalah semut, lalat, kerang, udang, dan juga diduga memakan tumbuhan. Ikan tembakul akan banyak dijumpai di sekitar hutan bakau, dimana sekelilingnya dipenuhi lumpur.

Baca juga : Cerita anak tentang Ikan

Cara bernapas ikan tembakul

Cara ikan tembakul bernafas
Cara ikan tembakul bernafas

Di dalam air, Ikan tembakul bernapas menggunakan insang seperti ikan pada umumnya, Ikan tembakul mengembungkan bagian pipinya untuk memenuhi insangnya dengan air dan udara.

Lapisan selaput lendir yang berada pada bagian mulut, kerongkongan, dan kulit tubuhnya membantu untuk bernapas di darat, tentunya dengan suhu yang lembab. Namun, jika sudah mulai mengering, ikan tembakul harus segera kembali ke air untuk membasahinya lagi.

Baca juga : Laporan Hasil Observasi tentang kucing

Bagaimana cara ikan memanjat pohon

Pohon bakau tempat ikan tembakul memanjat
Pohon bakau tempat ikan tembakul memanjat

Ikan tembakul memiliki sirip yang kuat, berfungsi sebagai lengan, dan membantunya untuk merangkak diatas lumpur, dibantu juga dengan ekornya. Selain itu bisa merayap untuk memanjat akar pohon bakau, bahkan bisa melompat sampai jarak + 30 cm.

Baca juga : Struktur LHO

Itu lah penjelasan singkat tentang Ikan yang bisa memanjat pohon, semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan dalam menulis atau penjelasannya, tolong dikoreksi dan tulis di kolom komentar bawah ya. Terima kasih.

Ditulis oleh Ibu Muda

Semoga tulisan kami selalu bermanfaat dan terus menginspirasi semua orang...

Years Of MembershipContent Author

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi