in

5 Nama Pesawat Penumpang Untuk Penerbangan Ke Luar Angkasa

Nama Pesawat Penumpang Untuk Penerbangan Ke Luar Angkasa

5 Nama Pesawat Penumpang untuk Penerbangan ke Luar Angkasa. Siapa yang mau jadi Astronot? Astronot adalah orang yang dilatih dan didik dengan disiplin untuk bepergian ke luar angkasa.

Mungkin, beberapa tahun lagi, tidak harus jadi Astronot untuk pergi ke luar angkasa. Kenapa? karena sudah ada beberapa perusahaan penerbangan yang sedang merancang pembuatan alat transportasi untuk bertamasya ke luar angkasa.

Saat ini astronot pergi ke luar angkasa menggunakan roket, dengan biaya pembuatan roket yang tidak sedikit. Kapan dan berapa biayanya? Baca sampai habis artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Baca: Perbedaan Boeing dan Airbus

Harga tiket dan jenis bahan bakar

Sebelum membahas nama-nama pesawat luar angkasa yang sedang dipersiapkan untuk warga, kalian juga dapat belajar tentang susunan tata surya lengkap dan videonya, juga empat hal yang perlu kita ingat tentang tata surya.

Baca: Tamasya ke ruang angkasa

Harga Tiket Pesawat Luar Angkasa

Dikutip dari Liputan6, Virgin Galactic meluncurkan SpaceShipTwo dengan harga tiket sekitar US$ 200 sampai US$ 250 ribu atau sekitar Rp 3,2 miliar. Mahal ya! jadi untuk kamu yang ingin segera bertamasya ke sana, segeralah menabung hehe.

Bahan Bakar Pesawat Luar Angkasa

Kenapa bisa mahal? karena biaya bahan baharnya saja mahal. Bahan bakar pesawat luar angkasa adalah plutonium-238, merupakan sebuah radioisotop “salah elemen dari radioaktif” saat ini ada 2.900 jenis radioisotop yang ada di Bumi, hanya ada 22 yang dapat digunakan dan diolah menjadi bahan bakar, dikutip dari Viva News.

Nama Pesawat Penumpang Untuk Penerbangan Ke Luar Angkasa

Berikut ini adalah nama pesawat dan penjelasan singkat tentang penerbangan ke luar angkasa. Walau ini sifatnya umum, atau siapa saja yang memiliki uang bisa ke sana, tetapi tetap harus mengikuti uji test kesehatan terlebih dahulu, sehingga tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

1. Pesawat Luar Angkasa CST-100 Starliner

Pesawat Luar Angkasan CST-100 Starliner
Pesawat Luar Angkasan CST-100 Starliner

Perusahaan penerbangan terbesar Boeing yang menggagas terciptanya pesawat CST-100 Starliner ini. Starliner dirancang untuk mengakomodasi tujuh penumpang, atau campuran awak dan kargo (barang), untuk misi ke orbit rendah Bumi.

Untuk misi layanan NASA ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, mampu membawa hingga empat awak. Starliner memiliki struktur las yang inovatif dan dapat digunakan kembali hingga 10 kali dengan waktu turnaround (putar haluan) enam bulan. Pada pesawat Ini juga terdapat fitur internet nirkabel dan teknologi tablet untuk antarmuka kru.

Baca juga : Cara Online Check In Pesawat Lion Air

2. Kendaraan Luar Angkasa Crew Dragon

Kendaraan Luar Angkasa Crew Dragon
Kendaraan Luar Angkasa Crew Dragon

SpaceX adalah perusahaan yang membuat Crew Dragon, sebuah pesawat untuk mengantarkan manusia ke luar angkasa.  merupakan kendaraan antariksa buatan perusahaan SpaceX.

Dragon membuat sejarah pada tahun 2012 ketika menjadi pesawat ruang angkasa komersial pertama yang mengirim kargo ke stasiun luar angkasa, suatu prestasi yang sebelumnya hanya dicapai oleh Pemerintah. Tapi Crew Dragon juga dirancang dari awal untuk membawa orang, dan saat ini SpaceX sedang menyelesaikan perbaikan yang diperlukan untuk mewujudkannya.

Pada video Crew Dragon ini, dijelaskan tentang interior bagian dalam pesawat tersebut, pesawat ini juga dapat dikendarai manual oleh pilot, ataupun melalui jarak jauh, yaitu dari kantornya di California.

3. Pesawat Kapsul New Shepard

Pesawat New Shepard
Pesawat New Shepard

Kapsul New Shepard ini menampilkan jendela terbesar dalam sejarah ruang angkasa. Jendela-jendela ini membentuk sepertiga dari kapsul, membuat kamu akan leluasa menatap luasnya luar angkasa dan langit biru.

Setiap jendela terbuat dari beberapa lapisan transparansi yang sangat kuat, sehingga tidak akan retak, kaca ini juga dirancang untuk memberikan kejelasan kristal dari pemandangan yang luar biasa, meminimalkan distorsi dan refleksi, jendela mentransmisikan 92% cahaya tampak seperti kaca pada umumnya.

Perusahaan yang membuat pesawat kapsul New Shepard ini adalah Blue Origin.

4. Pesawat Penumpang Luar Angkasa VSS Unity

Pesawat Penumpang Luar Angkasa VSS Unity
Pesawat Penumpang Luar Angkasa VSS Unity

Kendaraan luar angkasa yang bernama VSS Unity ini dibuat oleh salah perusahaan penerbangan terbesar di dunia, yaitu Virgin Galactic. Memiliki kapasitas penumpang sebanyak 6 orang, untuk melayani penerbangan penumpang.

Virgin Galactic sudah menjual tiket preorder, jadi untuk kamu yang sudah siap untuk terbang, siapkan uang sebesar kurang lebih 3,6 miliar rupiah untuk mengikuti paket wisata antariksa.

5. Pesawat Ulang Alik Dream Chaser

Pesawat Ulang Alik Dream Chaser
Pesawat Ulang Alik Dream Chaser

Perusahaan Sierra Nevada Corporation (SNC), membuat pesawat dengan desain berbeda, beberapa perusahaan lainya memilih desain seperti kapsul, namu Dream Chaser didesain menyerupai pesawat ulang alik.

Pesawat ruang angkasa Dream Chaser adalah kendaraan multi-misi yang dapat mendukung berbagai kebutuhan LEO (low-Earth orbit) atau orbit rendah bumi. Dream Chaser dapat dikustomisasi untuk pelanggan domestik dan internasional melalui konfigurasi kendaraan, lokasi peluncuran, tujuan, lokasi pendaratan, durasi dan sejumlah variabel lainnya.

  • Ilmu Pengetahuan, Laboratorium microgravity untuk ilmu orbit
  • Pengamatan, Penginderaan jauh untuk pencitraan dan pengamatan Bumi dan angkasa
  • Manufaktur, Antar barang dan produksi microgravity ke antariksa oleh NASA
  • Pelayanan, Servis satelit, pemasangan, perakitan, pengambilan, deorbit dan transfer propelan

Itulah beberapa jenis alat transportasi yang nanti dapat digunakan untuk memberangkatkan kita semua ke luar angkasa. Kendaraan mana yang kalian pilih? Terima kasih sudah membaca 5 Nama Pesawat Penumpang Untuk Penerbangan Ke Luar Angkasa, semoga bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu