in

TakutTakut KagetKaget KerenKeren NgakakNgakak

Nama Setan atau Iblis dan Tugasnya!

Nama Setan atau Iblis dan Tugasnya!
Nama Setan atau Iblis dan Tugasnya!

Nama – nama Setan atau Iblis dan Tugasnya! Sebagaimana kita tahu bersama bahwa setan selalu menyesatkan manusia agar melakukan perbuatan dosa.

Tahukah kamu bahwa awalnya Setan/ Iblis merupakan salah satu penghuni surga, namun karena kesombangannya yang tidak mau bersujud kepada Nabi Adam Alaihissalam, maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala pun mengusirnya.

Namun, ada satu permintaan setan kepada Allah, yaitu ingin menyesatkan semua umat manusia sampai hari kiamat kelah.

Nama Setan atau Iblis dan Tugasnya!

Sobat penulis cilik, ada banyak nama dan kelompok setan dengan berbagai tugas yang tertata rapih untuk menyesatkan manusia, namun kali ini aku hanya akan menyebutkan 7 saja.

Keturunan dan Prajurit Iblis Berikut Tugas-Tugasnya Seorang pakar tafsir terkemuka, Imam Mujahid, seorang ahli tafsir menjelaskan kelompok dari keturunan prajurit setan dengan tugasnya sebagaimana dikutip Syekh Abdurrauf al-Manawi, yaitu:

Tugas setan Syabru / Al-Syabru

Tugas Syabru mengganggu manusia dikala mendapatkan cobaan ataupun musibah, tujuannya agar manusia tidak sabar.

Akibat dari kelakuan dari Syabru, manusia akan mengekspresikan ketidak sabaran atau menerima cobaan itu dengan depresi, mengamuk, menangis histeris, dan hal lain yang mungkin lebih buruk.

Tugas Setan Walhan / Al-Walhan

Tugas Walhan adalah menciptakan rasa keraguan atau was-was ketika kita sedang bersuci. Setan ini juga sering mendorong manusia untuk menggunakan air secara berlebihan.

Hal yang sering dilakukan Walhan adalah mengganggu atau memberikan rasa ragu-ragu ketika mandi, berwudlu, ataupun kegiatan thaharah lainnya.

Apa itu thaharah?

Thaharah adalah aktivitas ketika kita membersihkan kotoran, baik yang terlihat (berwujud) ataupun yang tidak terlihat menggunakan air bersih.

Tugas Setan Khanzab / Al-Khanzab

Tugas Khanzab adalah mengganggu ketika sedang melaksanakan ibadah sholat. Yang paling terasa adalah ketika kita tidak bisa merasa khusyuk ketika sholat.

Khanzab juga mengarahkan kita untuk malas mendirikan sholat, melakukan hal yang dapat membatalkan, melanggar etika shalat, dll.

Baca:
Sebutkan perbedaan Malaikat, Manusia, dan Jin atau Setan
Jelaskan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal
Perbedaan Silaturahmi dan Silaturahim?

Tugas Setan Sauth / Al-Sauth

Tugas Sauth adalah mengganggu manusia dalam hal penyebaran suatu berita, diman dia dapat memicu suatu berita bertambah atau berkurang, sehingga berita itu tidak jelas kebenarannya.

Nah sobat, itulah alasannya kenapa setiap kali kita menemukan suatu informasi jangan asal menyebarkan sebelum mengecek kebenarannya dari berbagai sumber.

Tugas Setan A’war / Al-A’war

Tugas A’war adalah mendorong manusia untuk melakukan tindakan asusila, dimana dia akan mendorong kita untuk melakukan hubungan diluar nikah dengan lawan jenis.

A’war mampu memberikan gairah yang tinggi kepada manusia sehingga pria dan wanita mampu melakukan hubungan yang terlarang.

Tugas Setan Zalanbur / Al-Zalanbur

Tugas Zalanbur adalah mengganggu para pedagang, makanya setan yang satu ini sering berada di pasar tradisional ataupun modern.

Zalanbur mendorong para penjual untuk menipu pembeli, dengan bisikan-bisakan yang mengarahkan penjual untuk melakukan kecurangan ataupun janji-janji palsu.

Tugas Setan Dasim / Al-Dasim

Tugas Dasim mengganggu keharmonisan rumah tangga suatu keluarga, setan selalu memiliki banyak cara untuk menggodanya.

Pengaruh dari Dasim akan cepat bekerja jika suami/ ayah hendak memasuki rumah tanpa mengucapkan salam kepada keluarga yang sedang di rumah ataupun tidak dalam keadaan berdzikir.

Baca:
Nama malaikat dan tugasnya
Bacaan Tahmid dan Takbir
Mengapa malaikat selalu taat Allah SWT?

Masih banyak lagi nama kelompok tugas setan lainnya, jika kamu memiliki info lain tulis di kolom komentar ya!

Mungkin kamu bertanya, kenapa sih setan mau mengganggu manusia, padahal mereka sudah tahu kelak akan mendapar azab api neraka?

Selain memang ingin banyak membawa manusia sebagai temannya kelak di neraka, dikurip dari islam.nu.or.id, setiap satu prajurit setan yang berhasil menyesatkan manusia akan memeperoleh mahkota, sumber: hadits riwayat Ibnu Hibban, al-Hakim dan al-Thabrani dari haditsnya Abi Musa al-Asy’ari berupa hadits marfu’ (Syekh Badruddin al-‘Aini, Umdah al-Qari Syarh Shahih al-Bukhari, juz 15, hal. 168).

Yuk tulis komentar kamu