in ,

SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Parenting adalah cara orang tua mendidik anak, apa jenis jenisnya?

Parenting adalah cara orang tua mendidik anak
Parenting adalah cara orang tua mendidik anak

Parenting adalah cara orang tua mendidik anak, memberi makanan yang baik (nourishing), memberikan petunjuk atas kesalahan yang dilakukannya (guiding), dan bagaimana orang tua melindungi anak dalam proses tumbuh kembangnya (protecting).

Peran orang tua dalam mendidik anak usia dini itu sangat penting, apa yang kita ucapkan, kita lakukan, atau kita respon, jika itu terlihat dan terdengar oleh anak, semua terekam dengan baik. Jadi, jika suatu saat anak melakukan hal yang sama, itu adalah buah perbuatan kita sendiri sebagai orang tua.

Tempat belajar pertama anak adalah di lingkungan keluarga, khusunya mendidik anak usia dini, jadi selama memiliki anak kecil di rumah, harus berhati-hati dalam berbagai hal, karena mereka masih belum mengerti benar atau salah, yang ada di dalam pikirannya adalah mencoba dan meniru!

Baca juga :
Cara mengatasi anak susah makan
Mengenal karakter anak

Apa tujuan parenting?

Sederhananya, tujuan parenting merupakan dorongan untuk orang tua memberikan pelajaran dan pengajaran yang terbaik kepada anak, untuk itu, sebagai orang tua yang baik, belajar lah, cari informasi sebanyak-banyaknya dan ikut pelatihan parenting.

Apa tujuannya? untuk memperbaharui pengetahuan kita tentang cara mendidik anak. Konsultasi dengan pengajar di sekolah anak, sehingga apa yang dipelajari di sekolah dapat di-implementasikan dalam kehidupan sehari-hari di keluarga.

Kenapa kita harus belajar parenting?

Menurut saya parenting merupakan seni, kenapa? karena selain kita harus membuat anak jadi orang yang baik dan pintar, juga diperlukan ketekunan dan keikhlasan dalam melakukannya, sama seperti kita melukis sebuah objek agar sempurna, seperti yang kita inginkan.

Dengan belajar parenting, kita jadi tahu cara melarang anak tanpa harus membuatnya tersinggung, kita jadi tahu apa kebutuhan anak yang prioritas, bagaimana berhemat dan menabung, bagaimana menyelesaikan anak yang tantum, itu semua ada manfaat parenting.

Baca juga : Materi Paud

Pada artikel selanjutnya akan saya bahas tentang bagaimana menghadapi anak tantrum.

jenis jenis parenting anak usia dini
Jenis jenis parenting anak usia dini

Jenis-jenis Program Parenting PAUD

Berikut ini adalah beberapa jenis kegiatan parenting PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

1. Jenis Parenting : Foundation Class PAUD

Dapat dikatakan ini adalah kelas anak dan orang tua (masa orientasi) sebelum masuk PAUD, sekaligus memperkenalkan kegiatan dan lingkungan sekolah anak. Orang tua wajib hadir dalam kegiatan ini, sehingga mendapatkan gambaran secara utuh tentang lingkungan dan apa yang dilakukan anak di PAUD.

2. Jenis Parenting : Parents Gathering PAUD

Kegiatan untuk memfasilitasi orang tua dan lembaga PAUD dalam rangka sosialisasi program parenting yang dilaksanakan sekolah, tentunya akan ada hubungannya dengan proses pengajaran orang tua dan anak di rumah, sehingga dapat lebih optimal.

Materi parenting yang biasa disampaikan adalah terkait kesehatan anak (penyakit yang biasa timbul dan cara mencegahnya), memilih makanan dan gizi yang terkandung di dalamnya, pendidikan anak, mengenal karakter anak, dll.

3. Jenis Parenting : Seminar Parenting PAUD

Kegiatan yang melibatkan tokoh parenting atau orang lebih mengerti tentang parenting (ahli dongeng, ahli psikologi, dokter anak, dll), baik di sekolah atau di luar sekolah, dilaksanakan dengan bentuk seminar.

Baca juga:
Contoh budi pekerti
Pubertas dini

4. Jenis Parenting : Hari Konsultasi PAUD

Sarana orang tua untuk mengeluarkan unek-unek dalam mengasuh anak yang disediakan sekolah, biasanya ditentukan oleh sekolah, agar tidak tabrakan dengan program belajar mengajar dan ter koordinasi dengan baik.

5. Jenis Parenting : Cooking on the Spot (belajar memasak) PAUD

Pada acara ini anak akan diperkenalkan dengan kegiatan masak memasak, mulai dari memasak bekal sampai makanan khas daerah, selain memperkenalkan jenis bumbu, anak juga belajar proses memasak, berdasarkan bimbingan pengajar atau orang tua.

Itulah beberapa hal yang saya ketahui tentang parenting, memang tidak sepenuhnya benar, tetapi jika ada kesalahan, silahkan koreksi dan tulis pada kolom kementar di bawah.

Baca juga :
Cara agar anak nafsu makan dan gemuk
Mengapa kita harus berbakti kepada orang tua?

Terima kasih sudah membaca artikel parenting adalah cara orang tua mendidik anak, semoga bermanfaat dan dapat di-aplikasikan dengan baik untuk mendidik anak yang kita cintai.

Yuk tulis komentar kamu