in ,

Apa Pengertian Belajar dan Pembelajaran

Apa Pengertian Belajar dan Pembelajaran
Apa Pengertian Belajar dan Pembelajaran

Apa Pengertian Belajar dan Pembelajaran? Teman, orang tua ingin kita menjadi orang yang lebih baik darinya, itu juga yang menjadi alasan kenapa kamu di sekolahkan.

Begitu besar keinginannya untuk melihat anaknya berhasil menggapai cita-citanya, sampai-sampai apapun dia lakukan untuk membiayai sekolah.

Mungkin kamu merasa bosan dengan ocehannya setiap hari yang terus mengingatkan kita untuk belajar, tetapi apa yang kita lakukan? Jangankan belajar, membagi waktu untuk bermain dan belajar saja tidak bisa.

Baca juga: Tips belajar agar cepat masuk ke otak

Apa Pengertian Belajar dan Pembelajaran

Ada banyak pengertian belajar dan pembelajaran menurut para ahli, tetapi kali ini aku hanya ingin membahas dari apa yang aku rasakan saat ini saja.

Aku akan menjelaskan dengan bahasaku sendiri, semoga kamu bisa lebih memahaminya.

Apa Pengertian Belajar?

Pengertian Belajar adalah suatu proses atau usaha dari setiap individu untuk mendapatkan pengetahuan, sehingga lebih memahami dan menjadikannya lebih baik lagi.

Bagi seorang pelajar dan mahasiswa, proses belajar adalah sesuatu yang dasar (fundamental) karena dengan belajar, pelajar juga mahasiswa dapat menyelesaikan tugas sehingga mampu menyelesaikan jenjang pendidikannya.

Ada istilahnya belajar mandiri, dimana kita dapat mencari informasi sendiri dari berbagai sumber, seperti buku, internet, dll. Semua itu harus dilalui, karena dengan proses ini kamu kelak akan terbiasa.

Kebiasaan belajar harus dipupuk dengan baik, karena ketika kelak sudah bekerja, proses belajar ini juga masih berjalan, untuk lebih memahami seluk beluk perusahaan, sehingga mampu memberikan kontribusi yang baik.

Apa Pengertian Pembelajaran?

Pengertian Pembelajaran adalah suatu proses belajar dengan adanya pendamping yang mengajar, pendamping di sini adalah seorang pendidik atau guru.

Baca juga: Apa Pengertian Guru

Pembelajaran melibatkan beberapa komponen penting yang mengarahkan peserta didik untuk lebih terarah dalam belajarnya, komponen itu adalah kurikulum, fasilitas (kelas, perpus, laboratorium), dll.

Sehingga, siswa/siswi di Sekolah tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi keterampilan dan sikap yang baik.

Contoh belajar dan pembelajaran

Kegiatan belajar dan pembelajaran sebanrnya terkait satu sama lain, sehingga tidak dipisahkan, seperti contohnya di bahawa ini:

Contoh belajar adalah ketika kamu diberikan tugas (PR) dari guru, kemudian kamu berusaha dengan mencari cara menyelesaikannya dengan berbagai sumber. Atau, ketika kamu ingin belajar bermain gitar, karena tujuannya ingin belajar mandiri, maka kamu mencari sumber referensi dari internet (youtube).

Contoh pembelajaran adalah ketika kamu belajar di sekolah, guru memberikan penjelasan tentang apa yang akan dipelajari, kemudian jika diperlukan peraktek maka laboratorium akan menjadi tempat kamu belajar, sehingga lebih terarah.

Kenapa dikatakan terkait, karena ketika kamu mentok atau tidak menemukan jawaban, otomatis kamu akan bertanya kepada guru, nah rangkaian itu lah yang disebut proses pembelajaran.

Baca juga: Cerita anak hari pertama masuk Sekolah

Tujuan belajar dan pembelajaran

Tujuan belajar adalah siswa/siswi dapat memahami pengetahuan, keterampilan, juga sikap baik tertanam pada dirinya, yang selama ini didapat pada proses belajar.

Tujuan pembelajaran adalah pelajar menguasai perilaku seperti kognitif, psikomotor, dan afektif selama proses belajar di sekolah dengan jangankan waktu yang ditentukan.

Baca juga: 10 Kewajiban anak di Sekolah

Terima kasih sudah membaca Apa Pengertian Belajar dan Pembelajaran, semoga bermanfaat. Mohon koreksi jika aku salah ya. Ada banyak makalah pengertian belajar dan pembelajaran di internet (bentuk pdf) yang dapat di jadikan referensi kamu.

Contributor

Ditulis oleh Ulfa DJ

Hellooo

Years Of MembershipContent AuthorQuiz Maker

Yuk tulis komentar kamu