in

Pengertian Hak Asasi Manusia

Pengertian Hak Asasi Manusia
Pengertian Hak Asasi Manusia

Setiap orang memiliki haknya masing-masing kapanpun, dimanapun, dan kepada siapapun. Hak seseorang biasanya akan melekat pada diri masing-masing dan bersifat universal.

Hak asasi manusia juga sering disebutkan bahwasannya hak seseorang merupakan keyakinan yang dianugerahkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Baca: Perbedaan keadilan Allah dan keadilan manusia

Apa pengertian Hak Asasi Manusia?

Pengertian hak asasi manusia atau yang biasa dikenal dengan istilah HAM merupakan sebuah konsep hukum yang normatif yang menyatakan bahwa sesungguhnya manusia memiliki hak yang melekat pada dirinya sebab ia adalah seorang manusia. Hak asasi manusia sendiri tidak dapat dibagi-bagi maupun dicabut.

Beberapa pakar menyebutkan pengertian hak asasi manusia (HAM). Menurut John Locke, hak asasi manusia adalah hak yang langsung diberikan Tuhan kepada manusia sebagai hak kodrati.

Hak asasi manusia dapat dibagi menjadi beberapa hal yaitu hak sipil dan politik serta hak ekonomi, sosial dan budaya. Hak asasi manusia sebenarnya tidak lepas dari tanggung jawab negara kepada rakyatnya, dengan adanya campur tangan negara untuk melindungi haknya maka akan mudah untuk terwujud.

Baca:
Jelaskan Hak Asasi Manusia dalam Sila-Sila Pancasila (Nilai praksis)
Perbedaan Konsep Sinkronik dan Diakronik

Hak sipil dan politik terdiri dari hak untuk hidup, kebebasan berkumpul, kebebasan berekspresi dan hak atas peradilan yang jujur. Sedangkan hak ekonomi, sosial dan budaya terdiri dari penyediaan air bersih, penyediaan layanan medis dan menolak adanya penggusuran secara paksa.

Di indonesia pasti ada yang namanya kelompok minoritas yaitu kelompok dengan jumlah agama, penduduk dan budaya yang sedikit dan mereka memiliki cara sendiri untuk mengamalkan agama dan menggunakan bahasa. Kelompok yang satu ini dinamakan dengan hak kolektif.

Baca: dampak positif dan negatif interaksi manusia dengan alam

Adapun hak-hak inti pada manusia yaitu seperti hak untuk hidup dan pelarangan penyiksaan kepada sesamanya. Hak-hak ini sendiri berkaitan dengan hak sipil dan politik. Mempertahankan nyawa seseorang merupakan hak yang dianggap sangat penting untuk menegakan martabatnya.

Berikut merupakan pengertian hak asasi manusia dan pembagian hak yang ada pada diri manusia. Untuk menegakan hak asasi manusia sesuai dengan undang-undang perlu adanya campur tangan negara, setidaknya membantu bagaimana hak tersebut bisa diwujudkan.

Baca: Jelaskan letak Indonesia secara astronomis

Semoga artikel penulis cilik ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca dan membagikannya. Koreksi aku jika ada kesalahan dalam penulisannya.

Yuk tulis komentar kamu