in

Pengertian Pramuka

pengertian pramuka
pengertian pramuka

Gerakan pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan. Pengertian pramuka sendiri berasal dari kata Praja Muda Karana yang artinya jiwa muda yang suka berkarya. Setiap jenjang pendidikan mulai dari SD sampai dengan sekolah tinggi pasti ada gerakan pramuka.

Gerakan pramuka di Indonesia didirikan pada tanggal 14 Agustus 1961 oleh Hamengkubuwono IX. Gerakan pramuka dilambangkan dengan tunas kelapa dan setiap daerah memiliki bendera yang berbeda namun tetap di dalamnya terdapat tunas kelapa. Kegiatan yang ada di dalam gerakan pramuka sangat menyenangkan.

Bukan hanya mengadakan kegiatan yang mengasyikkan dan menarik, namun kegiatan yang ada di gerakan pramuka salah satu tujuan pentingnya adalah untuk pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti yang luhur. Kepramukaan sendiri merupakan sistem pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan masyarakat dan bangsa.

Baca:
Arti Lambang Pramuka
PBB Pramuka

Pengertian Pramuka

Berikut ini merupakan pengertian pramuka menurut para ahli, diantaranya: Joko Mursitho, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

pengertian pramuka menurut para ahli
pengertian pramuka menurut para ahli

Kegiatan yang diadakan dalam gerakan pramuka tidak hanya berada di dalam ruangan saja namun juga di alam terbuka. Dalam setiap kegiatan pasti ada hal positif yang dapat diambil seperti bekerjasama dengan team, bagaimana cara memimpin dan dipimpin serta melatih kemandirian kita.

Kelahiran gerakan pramuka ditandai dengan beberapa peristiwa yaitu pidato oleh presiden/MPRS pada tanggal 9 maret 1961 di Istana negara yang menetapkan adanya hari gerakan pramuka, diterbitkannya keputusan presiden No. 238 Tahun 1961, dan pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari.

Adapun prinsip-prinsip dari gerakan kepramukaan yaitu iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli terhadap bangsa dan tanah air sesama hidup dan alam seisinya, peduli terhadap dirinya pribadi serta taat kepada kode kehormatan pramuka.

Baca:
Dasa Dharma Pramuka
Materi Pramuka Siaga

Keanggotaan pramuka dibagi menjadi 4 golongan yaitu:

  1. Golongan siaga (untuk anak yang berusia 7 sampai dengan 10 tahun),
  2. Golongan penggalang (anggota yang berusia 11 sampai dengan 15 tahun),
  3. Golongan penegak (anggota yang berumur 16 sampai dengan 20 tahun) dan
  4. Golongan pendega (anggota yang berumur 21 sampai dengan 25 tahun).

Gerakan pramuka sendiri menjadi gerakan kepanduan terbesar di dunia, bukan hanya ada di Indonesia namun di seluruh dunia. Beberapa tahun yang lalu anggota pada gerakan kepramukaan mencapai 17.103.793 anggota.

Yuk tulis komentar kamu