in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Penggaris Segitiga, Macam, Ukuran, dan Fungsi

Penggaris Segitiga, Macam, Ukuran, dan Fungsi
Penggaris Segitiga, Macam, Ukuran, dan Fungsi

Penggaris Segitiga, macam, ukuran, dan fungsi. Ada banyak macam dan jenis penggaris, dari yang pendek, panjang, dan segitiga. Bahan yang digunakan juga beragam, dari kayu, plastik, bahkan besi.

Sebelumnya penuliscilik.com pernah membahas tentang besaran pokok dan besaran turunan, silakan baca terlebih dahulu untuk memperdalam ilmu ukur kamu.

Daftar Isi

Penggaris Segitiga

Pengertian penggaris segitiga adalah alat bantu untuk membuat garis tegak lurus vertikal 90° (derajat) atau sudut siku-siku dengan mudah. Sudut lain yang umunya dimiliki penggaris segitiga adalah:

  1. Sudut 60°
  2. Sudut 45°
  3. Sudut 30°

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

sudut sudut penggaris segitiga
Sudut sudut penggaris segitiga

Sebelum menggunakan penggaris segitiga, dimana ukuran penggaris segitiga yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan ukuran kertas, maksudnya harus lebih kecil ukuran penggaris dibanding kertas. Sehingga kita dapat dengan mudah membuat garis pada kertas.

Fungsi Penggaris Segitiga

Fungsi penggaris segitiga adalah untuk membantu membuat garis tegak lurus atau kemiringan tertentu dengan cepat. Misalnya ada contoh seperti ini:

Bagaimana cara membagi sudut 90° menjadi tiga bagian sama besar?

Jawaban:

Walau sebetulnya diperlukan busur derajat, namun alternatif lain kita bisa menggunakan penggaris segitiga.

Pada gambar di atas, dimana kita cukup menggunakan satu penggaris dengan sudut 90° untuk membuat sudut siku-suku, kemudian membuat garis untuk membagi tiga bagian menggunakan sudut 30° derajatnya.

Macam-macam penggaris segitiga biasanya dibedakan hanya dengan merk perusahaan pertama pembuatnya, misalnya penggaris segitiga MOR, Ziegel, Butterfly, dll.

Lihat macam macam penggaris segitiga terbaru di bukalapak, untuk membantu kamu menyelesaikan tugas sekolah di sini

penggaris jahit dan fungsinya
Penggaris jahit dan fungsinya | Tokopedia.com

Terakhir adalah penggaris jahit yang digunakan oleh penjahit. fungsinya adalah untuk membuat pola pakaian atau memotong ukuran kain.

Penggaris gambar teknik, biasanya menggunakan penggabungan dua penggaris sekaligus, baik dua penggaris segitiga atau dengan penggaris persegi panjang, sehingga mendapatkan ukuran dan derajat garis yang ditentukan. Seperti terlihat pada gambar di bawah.

sudut sudut yang terdapat pada penggaris segitiga
Sudut sudut yang terdapat pada penggaris segitiga

Cara menggunakan penggaris segitiga

Ada banyak cara dan teknik dalam menggunakan penggaris, untuk anak sekolah mungkin ini tidak begitu berguna, tetapi untuk anak SMK jurusan Mesin atau Arsitek, pemanfaatan penggaris ini sangat penting, karena ketepatan garis akan mempengaruhi skala yang dibuat pada gambar.

Video ini menjelaskan, bagaimana cara kita dapat mengoptimalkan semua fungsi garis yang disediakan pada sebuah penggaris MOR.

Baca juga : Contoh Bilangan

Pada video kedua ini, kita akan belajar bagaimana cara menggambar lingkaran segi lima yang baik dan benar

Itulah teman penjelasan tentang penggaris segitiga, semoga bermanfaat.

Enthusiast

Ditulis oleh Azzahra

Tetap bermanfaat walau hanya dengan untaian kata...

Content AuthorYears Of Membership

Yuk tulis komentar kamu