in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Pensil putih untuk menggambar apa? (Jenis, fungsi, dan Pensil Mekanik)

Pensil putih untuk menggambar apa?

Pensil putih untuk menggambar apa? pasti banyak yang bertanya seperti ini, tidak hanya kalian, aku juga sama waktu belum tahu fungsinya untuk apa.

Pengertian pensil adalah alat tulis atau alat untuk pembuatan sketsa pada gambar atau lukisan, awalnya terbuat dari grafir, namun grafir memiliki tekstur yang lembek (lunak) sehingga mudah kotor ketika bergesekan dengan tangan.

Bahan pembuatan pensil zaman sekarang adalah penggabungan grafir dan tanah liat, sehingga menghasilkan pensil yang tidak mudah patah atau sering juga disebut karbon pensil.

Diantara banyak pensil warna yang kalian miliki pasti hanya satu pensil yang masih utuh, yaitu pensil putih. Bahkan untuk aku pensil itu hanya dibuat sebagai mainan, akhirnya patah hehe.

Baca juga : Perbedaan hasil mewarnai menggunakan Crayon, Pensil Warna, dan Spidol

Fungsi pensil warna putih

Derwent Blender Pencil
Derwent Blender Pencil

Kita semua tahu bahwa pensil ini tidak bisa digunakan pada kertas warna putih, tapi fungsi pensil ini ketika mewarnai adalah untuk blending warna yang cukup halus dan percampuran warna yang bagus.

Pensil warna putih biasanya digunakan untuk menggambar di kertas hitam, atau area yang gelap, jadi hasilnya lebih kontras dan jelas.

Contoh gambar dari pensil

Berikut ini adalah contoh gambar dari pensil yang keren banget, dimana gambar disebut juga sebagai ilustrasi dari suatu imajinasi.

Contoh hasil pensil putih
Contoh hasil pensil putih
Contoh hasil pensil putih
Contoh hasil pensil putih

Pensil putih untuk menggambar apa? sekarang sudah tahukan jawabannya, hehe.

Jenis jenis Pensil

Seorang kartunis, atau orang yang suka menggambar kartun, manga, dan anime, tentunya memiliki banyak pensil. Ada banyak ragam jenis dan ukuran pensil, tentunya fungsi dan manfaat yang berbeda-beda.

jenis jenis pensil berdasarkan tingkat ketebalan goresan
Jenis jenis pensil berdasarkan tingkat ketebalan goresan

Pensil yang sering kalian gunakan di sekolah adalah 2B, pensil standar untuk mengisi soal OCR agar dapat dibaca oleh printer yang dapat mendeteksi magnet. Berikut ini macam-macam kode dan jenis pensil berdasarkan tingkat keras dan lunaknya.

Baca juga : Lukisan gambar hari Kemerdekaan

Pensil Lunak

Pada pensil jenis ini ditandai dengan kode seperti:

  • Pensil 2b
  • Pensil 3b
  • Pensil 4b
  • Pensil 5b
  • Pensil 6b
  • Pensil 7b.

B pada pensil artinya black atau hitam, Semakin angkanya besar, pensil itu semakin lunak, hasilnya akan sangat jelas terlihat hitam.

Pensil Sedang

Namanya juga pensil sedang, jadi tidak keras, tidak juga lunak, ya sedang. Sering digunakan sehari-hari untuk menulis. Kode dari pensil ini terdiri dari huruf dan angka, seperti

  • B = black
  • HB = Half black
  • H = hard
  • F = firm

Pensil Keras

Tekstur pensil keras ini cukup padat, sehingga hasil goresannya samar-samar, biasanya digunakan untuk membuat sketsa gambar atau yang digunakan untuk menggambar wajah. Pada zaman dahulu banyak arsitek menggunakan pensil ini untuk membuat sketsa gambar teknik bangunan, namun sekarang ini komputer telah merubah kebiasaan itu.

Banyak sekali software untuk mendesain bangunan menggunakan komputer, mulai dari yang gratis, sampai yang berbayar. Salah satu software untuk mendesain bangunan gratis adalah sketchup bahkan dapat digunakan untuk menggambar 3D.

Kode pensil keras adalah:

  • Pensil 4H
  • Pensil 5H
  • Pensil 6H,
  • Pensil 7H
  • Pensil 8H
  • Pensil 9H

Baca juga : Video cara menggambar komik

Pensil Mekanik

Pensil mekanis atau pensil mekanik adalah salam satu jenis pensil modern yang dapat di isi ulang, isinya dapat disesuaikan dengan kode pensil di inginkan. Pada pensil mekanik sudah tersedia penghapus pada ujungnya, tetapi menurutku masih kurang bagus jika digunakan, lebih baik menggunakan penghapus khusus.

Fungsi Pensil Mekanik

Fungsi pensil mekanik adalah untuk menggambar yang membutuhkan tingkat kerapihan yang tinggi, sehingga hasil coretannya bisa sama. Pensil ini sering digunakan oleh para arsitek untuk merancang atau mengoreksi hasil rancangan.

Pensil Knote

Pensil Konte (Conté) merupakan istilah atau sebutan untuk pensil gambar seperti krayon, pensil ini berbahan dasar arang, lilin, atau tanah liat, setelah dikopres menjadi bentuk isi pensil warna kemudian dilapisi kayu.

Itulah macam-macam pensil berdasarkan tingkat ketebalan goresannya. Harga pensil beragam tergantung merk-nya, jika kalian ingin belajar menggambar, gunakan pensil yang merk biasa-biasa saja.

Yuk tulis komentar kamu