in

Pentingnya Pohon Bagi Kehidupan

Pentingnya Pohon Bagi Kehidupan
Pentingnya Pohon Bagi Kehidupan

Aku suka sedih jika mendengar kebakaran hutan, banjir, dan bencana longsor. Itu tandanya oksigen kita berkurang, padahal kan oksigen itu sangat penting bagi kita semua, penting untuk aku dan semua teman-temanku bernapas.

Orang-orang yang membakar hutan atau menebang pohon sembarangan itu adalah penjahat, mereka tidak bertanggung jawab atas apa yang telah mereka lakukan, mereka pergi begitu saja tanpa melakukan reboisasi.

Baca juga: Yuk belajar sejarah

Apa itu reboisasi?

Pengertian reboisasi dalam bahasa Inggris: (reforestation) adalah penanaman kembali hutan yang telah ditebang, jadi tidak tandus atau gundul. Jadi jika kalian telah menebang pohon gantikan dengan tanaman atau pohon baru ya. Oia teman-teman, apakah kalian tahu manfaat pohon bagi kehidupan kita?

Manfaat pohon bagi kehidupan?

Penghasil Oksigen

Teman-teman, semua pohon itu penghasil oksigen atau gas yang bagus untuk kita bernapas, jadi semakin banyak oksigen di dunia semakin bagus untuk kesehatan paru-paru kita semua.

Mencegah Banjir

Pohon yang banyak dapat menyerap air dengan jumlah banyak juga, jadi yuk tanam pohon yang banyak sehingga bisa menyerap air dan menyuburkan tanah juga. Jika tanah subur, kita bisa menanam apa saja, misalnya bunga, cabe, bawang, dll.

Mencegah Tanah Longsor

Pohon dengan jumlah banyak bisa mencegah longsor, karena akar-akar yang ada pada pohon itu mengikat tanah dan menjadi kuat. Yuk teman taman minimal satu pohon setiap hari, maka jika dalam satu tahun jumlah pohon itu akan ada 365 pohon.

Berikut ini adalah video ku teman-teman, video itu dibuat untuk memperingati hari gerakan sejuta pohon, jangan lupa tonton ya…

Baca juga: manfaat hujan pertama

Hari Gerakan Satu Juta Pohon (10 Januari)

Teman-teman, sekian penjelasan dari aku, jika ada yang mau menambahkan silahkan komentar ya…

Yuk tulis komentar kamu