in

SenangSenang KerenKeren

Perayaan Hari Batik Nasional di Sekolah

Perayaan hari batik nasional sekolah
Perayaan hari batik nasional sekolah

Hai semua pembaca penulis cilik, pada kesempatan kali ini, aku akan menyampaikan kegiatan perayaan batik nasional di sekolahku. Baca sampai habis ya 🙂

Perayaan hari Batik Nasional kali ini diperingati oleh SMP Negeri 176 Jakarta Barat. Semua anak murid diperkenankan untuk memakai baju batik bebas dengan bawahan yang bebas pula.

Acara pertama diawali dengan pembukaan oleh Ibu Ayi Qur’ani. Dilanjutkan dengan pembacaan pidato oleh Arrayan Robana dari kelas 9, pesannya agar kita menjaga dan melestarikan batik sebagai kebudayaan bangsa.

Hari batik nasional

Kalian tahu gak sih, kalo batik Indonesia itu pernah diakui oleh bangsa lain? Giliran batiknya diakui kita marah-marah, tetapi kita tidak berusaha untuk menjaga atau melestarikannya.

Sekarang ini, batik menjadi salah satu kebudayaan Indonesia yang telah mendunia, bahkan banyak anak muda yang mulai percaya diri memakainya.

Pelaksanaan Hari Batik adalah untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Budaya Lisan dan Non-bendawi milik Indonesia yang diakui dunia (UNESCO/ 2 Oktober 2009).

Sekaligus ajakan bagi generasi muda untuk menggunakan batik. Hal ini sangatlah baik untuk kelangsungan budaya batik itu sendiri.

Kreativitas batik akan berkembang dengan sendirinya jika banyak permintaan kepada para pengrajin. Tata busana yang modern dan sesuai dengan usia akan menjadikan batik sebagai sarana kreativitas bagi para perancang muda.

Buatlah batik menjadi tombak fashion baik formal, semi formal dan informal. Rancanglah batik dengan fashion yang orisinil namun sangat trendy jika di kenakan oleh setiap generasi.

Acara selanjutnya adalah pembacaan puisi oleh Lusy dan Ibu Sri Mastutik. Puisi yang dibuat oleh Lusy sangat menarik dan bagus teman-teman. Lusy adalah pembuat puisi yang handal lho di SMP Negeri 176 🙂

Setelah pembacaan puisi lanjut ke acara inti yaitu fashion show. Semua peserta memakai batik dari berbagai daerah. Ini salah satunya.

Fashion Show SMP Negeri 176, Jakarta Barat
Fashion Show SMP Negeri 176, Jakarta Barat

Cantik dan ganteng, kan? Kalo generasi muda yang pakai pasti kelihatan lebih modis dan trendy kan? Makanya ayo kita lestarikan batik karena itu adalah salah satu kebanggan untuk bangsa Indonesia sendiri.

Setelah acara fashion show, semua kelas dapat mengabadikan kebersamaannya dengan berfoto ria.

Foto kelas SMP Negeri 176 Jakbar
Foto kelas SMP Negeri 176 Jakbar

Cakep kan? Ada lagi lho..

Walaupun pakai batik masih bisa tetap bergaya kan?

Perayaan hari batik nasional sekolah
Perayaan hari batik nasional sekolah

Sejak pengakuan Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, baju batik menjadi pakaian yang sering dipakai, selain sebagai warisan nasional, batik juga memiliki nilai seni tinggi.

Semua lembaga Pemerintah atau swasta mewajibkan pegawainya untuk memakai batik setiap hari Kamis, Jumat, dan Sabtu (disesuaikan dengan kebijakan masing-masing), begitupun juga dengan anak sekolah yang juga menjadi motif batik sebagai seragam.

Pose foto bebas SMP Negeri 176, Jakarta Barat
Pose foto bebas SMP Negeri 176, Jakarta Barat

Bagaimana, apa kalian masih ragu untuk menggunakan batik? Ayo lestarikan batik!. Kita adalah generasi muda, negara Indonesia dapat maju karena prestasi bukan karena kenakalan kita.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan belajar membatik, mengenali sejarah ragam motif batik daerah seluruh Indonesia, dll. Gunakanlah masa muda dengan hal-hal yang berguna, jangan ikut ikutan tawuran, memakai narkoba, dan hal negatif lainnya. 

Baca:
Peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia
Hari besar nasional
Tujuan negara menerapkan sistem ekonomi

Tida hanya batik, masih banyak warisan budaya Indonesia yang perlu dijaga kelestariannya sebagai jati diri dan identitas bangsa, sehingga dapat diwariskan kepada anak cucu kita.

Lestarikan batik, cintai budaya lokal! Semangat ya:)

Munkin itu saja yang bisa aku sampaikan kurang lebihnya mohon dimaafkan dan terus lestarikan batik:)

Kamu juga bisa mengirim tulisan seperti ini. Yuk, Buat Sekarang!