in

Apa perbedaan Auditing dan Akuntansi

Apa perbedaan Auditing dan Akuntansi
Apa perbedaan Auditing dan Akuntansi

Apa sih perbedaan auditing dan akuntansi? Ini pelajaran ekonomi, Sekolah Menengah Atas (SMA). Yang jelas, kesamaan keduanya yaitu berhubungan dengan keuangan.

Sobat penulis cilik, dikutip dari wikipedia tentang Auditing [1] dan Akuntansi [2] aku mulai mengerti perbedaanya.

Secara singkat, auditing adalah evaluasi atau pemeriksaan terhadap sistem, proses, ataupun produk dari suatu perusahaan, sedangkan akuntansi adalah seni dalam melakukan pencatatan terhadap aktivitas keuangan suatu perusahaan.

Perbedaan Auditing dan Akuntansi

Perlu diketahui bahwa auditor atau orang yang diperbolehkan melakukan audit tidak lah sembarangan, sebab harus memahami Standar Auditing [3] yang ditetapkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI).

Jadi proses audit harus dilaksanakan oleh pihak yang memiliki kompetensi, menunjung tinggi sikap objektifitas, dan tidak memihak.

Kesimpulan: Audit dilaksanakan setelah selesainya proses akuntasi, sebab audit hanya sifatnya melakukan kegiatan verifikasi terhadap apa yang dikerjakan, apakah sudah sesuai dengan standar, regulasi, dan praktek yang sudah disetujui/ diterima ataupun belum.

Baca:
Perbedaan statistik dan statistika
Tujuan negara menerapkan sistem ekonomi
Perbedaan bank konvensional dan bank syariah
Perbedaan debit dan kredit
Perbedaan hutang dan piutang

Jadi itulah penjelasan singkat dari Perbedaan Auditing dan Akuntansi. Koreksi jika aku salah, terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu