in

Perbedaan Batik Tradisional dan Batik Modern, Jelaskan!

Perbedaan Batik Tradisional dan Batik Modern, Jelaskan!
Perbedaan Batik Tradisional dan Batik Modern, Jelaskan!

Apa sih perbedaan Batik Tradisional dan Batik Modern, coba jelaskan! Ini pelajaran tingkat Sekolah Menengah Atas atau sederajat, pelajaran seni rupa.

Ada banyak motif atau corak batik di seluruh Indonesia, semuanya berbeda, menandakan bahwa itu unik dan bukan hasil jiplakan.

Pada tanggal 2 Oktober 2009, ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional, dimana ini merupakan bentuk perayaan nasional Indonesia setelah UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi atau Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity [1]

UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) adalah badan khusus PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Arti dalam bahasa Indonesia: Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB. [2]

Untuk memeriahkan, dilakukan kegiatan perayaan Hari Batik Nasional di Sekolah-sekolah, tujuannya agar para siswa/i mengetahui dan mengerti pentingnya batik sebagai warisan budaya Nasional.

Perbedaan Batik Tradisional dan Batik Modern

Sobat penulis cilik, lalu apa sih perbedaan antara Batik Tradisional dan Batik Modern?

Batik Tradisional

Batik tradisional adalah batik yang terikan oleh motif/ palem tertentu dengan proses pembuatannya secara manual, mulai dari pembuatan corak sampai pemberian warna.

3 Jenis batik

Batik memiliki tiga jenis berdasarkan cara pembuatannya, yaitu:

  1. Batik tulis adalah batik yang proses pembuatan motifnya digambar menggunakan tangan, tentunya dengan bantuan pensil, kemudian untuk menempelkan malam menggunakan canting.
  2. Batik cap adalah batik yang motifnya sudah jadi, berbentuk seperti stempel dengan ukuran besar, biasanya terbuat dari kuningan dengan ukuran yang beragam. Proses pengerjaanya pun mudah, motif stempel ditempelkan secukupnya pada lilin malam, kemudian ditempelkan pada kain.
  3. Batik lukis adalah metode membuat batik dengan melukiskan motif, ini tidak terpaku pada pakem motif yang ada. Pokoknya hasilnya sesuai keinginan pengrajin saja.

Baca:
Jenis-jenis batik berdasarkan proses pembuatannya
Apa tujuan awal pembuatan batik?

Pewarnaan batik

Pada batik tradisional baik itu batik tulis ataupun cap, memiliki 2 tipe bahan warna, yaitu:

  1. Pewarna sintetis adalah bahan warna yang bisa dibeli di toko dengan corak dan warna yang beragam juga hasilnya bagus dan terang
  2. Pewarna alam adalah warna yang dihasilkan dari hasil ekstrak berbagai jenis tumbuhan seperti bagian daun, bunga, kayu, akar, dan biji, hasilnya tidak terlalu cerah (seperti pudar).

Cara pewarnaan batik

Ada dua cara mewarnai batik tradisional, yaitu:

  1. Pewarnaan celup adalah cara mewarnai untuk ukuran kain yang luas atau besar, hanya bisa satu kali pewarnaan dan pencelupan.
  2. Pewarnaan colet adalah mewarnai batik untuk hasil yang lebih detail dengan banyak warna tentunya dengan ukuran kain yang tidak terlalu besar.

Harga batik tulis tradisional jauh lebih mahal dari batik celup, bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu lembar kainnya.

Batik Modern

Batik Modern adalah batik yang dibuat dengan alat yang canggih seperti mesin printing kain yang bisa mencetak ribuan kain dalam satu hari.

Umumnya motif batik yang dibuat didesain dahulu menggunakan komputer, kemudian diprint.

Motif atau coraknya beragam, mulai dari logo club sepakbola, karakter kartun, pahlawan super, atau bahkan corak batik tradisional pun bisa dikerjakan.

Desain batik modern juga lebih presisi dan fleksibel, dapat mengikuti tred saat ini, juga mampu menonjolkan sisi estetika karena ada proses desain terlebih dahulu.

Harga batik modern jauh lebih murah dari harga batik tulis dan celup. Karena ongkos produksi jauh lebih murah.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan dari perbedaan Batik Tradisional dan Batik Modern adalah:

  1. Batik tulis tradisional memiliki nilai seni, karena dibuat secara manual dan limited edition, walau motifnya sama tapi hasilnya pasti beda, sedangkan batik modern hasilnya akan presisi anatara satu dan lainnya (pasaran).
  2. Proses pembuatan batik tradisional sangat ribet dan memakan waktu cukup lama dibanding batik modern.
  3. Biaya produksi lebih murah batik moden ketimbang batik tradisional, jadi harga jualnya lebih mahal.

Baca:
Pengertian kebudayaan non benda
Contoh industri kecil dan Pengertian
Manfaat keragaman sosial budaya
Perbedaan Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan

Itulah perbedaan Batik Tradisional dan Batik Modern yang bisa aku jelaskan. Koreksi dan bagikannya.

Yuk tulis komentar kamu