in

Perbedaan efektif dan efisien, jelaskan!

Perbedaan efektif dan efisien
Perbedaan efektif dan efisien

Perbedaan efektif dan efisien. Sekilas memang terdengar memiliki arti yang sama, namun kenyataannya berbeda. Dalam bidang ekonomi khususnya pada proses manajerial, perbedaan ini akan terlihat jauh.

Mungkin, kamu yang saat ini Sekolah Menengah Atas (SMA) pada pelajaran ekonomi pernah membahas perbedaan efisien dan efektif.

Pada artikel penulis cilik ini, aku akan coba jelaskan secara singkat Perbedaan efektif dan efisien, semoga mudah dipahami, oia tolong koreksi jika aku salah ya.

Baca juga: Perbedaan bank konvensional dan bank syariah

Perbedaan efektif dan efisien

Menurut wikipedia, perbedaan keduanya dalam suatu manajemen adalah:

  • Efektif dapat diartikan bahwa tujuan dicapai sesuai dengan apa yang direncanakan.
  • Efisien berarti tugas yang dilaksanakan berjalan dengan baik dan benar, terorganisir, serta sesuai dengan waktu penyelesaian (jadwal).
Pengertian efektif dan efisien

Baca juga:
Apa itu negosiasi
Pengertian kerja sama

Pengertian efektif dan efisien

Pengertian Efektif adalah suatu usaha dalam mencapai tujuan, baik hasil atau target, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, tanpa memikirkan biaya yang sudah dihabiskan.

Pengertian efisien adalah suatu cara mencapai tujuan, menggunakan sumber daya yang minimal namun dengan hasil yang maksimal.

Jadi efisien dapat diartikan suatu kemampuan dalam menggunakan sumber daya dengan benar dan tidak membuang-buang sumber daya yang tidak perlu.

Baca juga: peran produsen dalam perekonomian Indonesia

Tabel Kombinasi Efektif dan Efisien

Berikut ini adalah Kombinasi Efektif dan Efisien, untuk membantu kamu memahami lebih dalam lagi.

Kombinasi Efektif dan Efisien

Download “Tabel kombinasi” tabel-Kombinasi-Efektif-dan-Efisien.jpg – Downloaded 2 times – 22 KB

Contoh kasus Efektif dan Efisien

  1. Seorang pemuda memiliki perusahaan yang bergerak pada bidang percetakan, dia masih menggunakan mesin sablon manual, walau pesaingnya sudah menggunakan teknologi baru, karena dari sisi biaya produksi tergolong murah, dia banyak membatalkan order karena tidak sanggup dalam menangani banyak pesanan.
  2. Pabrik rakitan mainan edukasi anak yang merakit berbagai bahan dan berbagai pemasok. Pabrik masih terlalu boros, dibanding pesaingnya, akibat kurangnya pengalaman pekerja (SDM). Kondisi semacam itu membuat harga mainan lebih tinggi sedikit serta keuntungan tipis. Akan tetapi, masih laris karena kebutuhan mainan edukasi meningkat.

Baca juga: Pengertian pasar modal

Penjelasan:

  • Contoh 1 adalah contoh perusahaan yang efisien, tetapi tidak efektif. Karena mengoptimalkan sumber yang ada tetapi tidak bisa mencapai tujuannya dengan baik.
  • Contoh 2 adalah contoh perusahaan yang efektif, tetapi tidak efisien. Karena menjual produk yang dibutuhkan di masyarakat, tetapi proses produksinya kurang efisien.

Itulah penjelasan singkat dari Perbedaan efektif dan efisien, mohon koreksi jika aku salah ya. Terima kasih sudah membaca artikel buatanku, terima kasih admin sudah memperbaiki gambarnya.

Yuk tulis komentar kamu