in

Perbedaan fiksi dan non fiksi, jelaskan!

Perbedaan fiksi dan non fiksi
Perbedaan fiksi dan non fiksi

Perbedaan fiksi dan non fiksi. Banyak penulis pemula yang sering tidak sadar, mereka menulis di jenis yang mana. Karena tanpa mengetahui jenis tulisan yang kamu lakukan, akan menyulitkan untuk menyelesaikannya sampai tuntas. Sebab, tujuan awal yang telah kamu susun belum tahu sama sekali.

Jenis tulisan yang akan dibahas sekarang terbagi menjadi dua macam; pertama tulisan fiski dan kedua non fiksi (bukan fiksi), baik cerpen ataupun novel.

Pada artikel penulis cilik ini, aku akan coba menjelaskan secara singkat Perbedaan fiksi dan non fiksi serta cotohnya, agar kamu mudah memahaminya.

Baca juga: Perbedaan candi Hindu dan Budha

Perbedaan fiksi dan non fiksi

Ok, kita langsung pada pembahasan yang pertama, yaitu tentang fiksi, apa itu fiksi?

Pengertian Fiksi

Fiksi adalah tulisan yang berasal dari pemikiran, atau imajinasi yang muncul langsung dari kepala, tanpa adanya suatu kegiatan seperti mempelajari suatu hal sebelum menulis. Tulisan fiksi adalah tulisan yang membuat penulisnya merdeka akan diri sendiri. Sebab menulis fiksi sifatnya tidak terbatas, asal masih dalam batas yang wajar dalam memilih topik tulisan.

Tulisan fiksi bisa didapatkan begitu saja asal pikiran bisa membuat atau mengarang sesuatu yang tidak nyata atau tidak sebenarnya terjadi.

Contoh fiksi

Safri sedang menulis cerita tentang guru baru yang mengajar di sekolahnya. Guru baru tersebut memiliki sifat yang sangat baik, namun sayang dia sering datang terlambat ketika jam pelajarannya.

Safri menulis hal seperti itu. Namun di dalam kenyataannya, Safri sama sekali tidak memiliki guru baru di sekolahnya, apalagi yang selalu datang telat saat jam pelajarannya. Jadi yang ditulis barusan oleh Safri bisa dikatakan menulis sebuah karangan fiksi.

Baca juga:
Apa yang dimaksud dengan cerita fiksi
Perbedaan bank konvensional dan bank syariah

Ada lagi contoh tulisan fiksi yang tingkat fiksinya jauh lebih tinggi.

Contoh

Anita menulis sebuah cerita tentang anak yang bisa mempunyai kekuatan sihir. Anak tersebut memiliki tongkat, dimana tongkatnya digunakan sebagai alat sihir. Walaupun anak itu berbeda dari anak yang lain, dirinya memakai ilmu sihir untuk kebaikan. Contohnya menolong nenek-nenek yang hampir tertabrak mobil saat menyebrang, atau menolong kucing yang terjebak di atas pohon.

Baca juga: Perbedaan efektif dan efisien

Apa itu Non fiksi

Non fiksi adalah kebalikan dari fiksi. Yaitu tulisan yang dibuat dari hal, peristiwa, atau topik yang benar-benar terjadi disekitar kamu.

Contoh nonfiksi

Adli adalah seorang siswa di sekolahnya yang hobi menulis. Ia melihat ada kegiatan porseni di sekolahnya saat itu juga. Karena tergerak hobinya untuk menulis, Aldi pun membuat sebuah tulisan yang berisi penjelasan mengenai, bagaimana acara porseni di sekolah Aldi berjalan. Bisa dibilang dia menulis sebuah berita, atau artikel.

Itulah yang dikatakan tulisan nonfiksi. Tulisan yang dibuat berdasarkan hal yang benar-benar terjadi di lingkungan kamu.

Namun untuk ke depannya, kamu akan mempelajari satu jenis tulisan, yaitu tulisan fiksi. Dimana nanti kamu akan bebas mengungapkan ide maupun imajinasi dalam menulis.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa download aplikasi penulis cilik di google play atau melalui link di bawah ini.

Download “Aplikasi” details – Downloaded 20 times – 477 KB

Baca juga:
Contoh surat sakit untuk ke Sekolah
Perbedaan Mrs dan Ms
Nama anak Nabi Muhammad SAW

Terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel ini yang berjudul Perbedaan fiksi dan non fiksi. Mohon koreksi jika ada kesalahan.

Yuk tulis komentar kamu