in

Perbedaan hutang dan piutang dan contohnya

Perbedaan hutang dan piutang dan contohnya
Perbedaan hutang dan piutang dan contohnya

Perbedaan hutang dan piutang. Pada pelajaran limu ekonomi di SMA ada istilah hutan dan piutang. Ini memang terdengar sama, tetapi jauh sekali perbedaanya.

Istilah lain yang sejenis adalah debitur dan kreditur, dimana hampir sama dan memang mirip, berikut penjelasannya

Pengertian hutang adalah suatu bentuk kewajiban yang harus di bayar dan ini memiliki batas waktu atau jautuh temponya. Nah pada kasus ini, yang berhutang adalah debitur.

Pengertian piutang adalah orang atau instrusi yang memberikan pinjaman kepada seorang debitur atau yang berhutang. Nah piutang bisa juga disebut kreditur.

Perbedaan hutang dan piutang

Dari ilustrasi sederhana di atas, berikut ini adalah contohnya:

  1. Kamu meminjam uang kepada teman, maka teman kamu adalah kreditur atau yang memberikan pinjaman piutang, kemudian kamu sendiri adalah debitur atau orang yang berhutang.
  2. Sebuah perusahaan meminjam uang ke bank, maka perusahaan peminjam adalah debitur dan bank sendiri adalah kreditur.

Sedikit tambahan, jika kita meminjam uang di bank, akan mendapatkan bunga, dimana bunganya sendiri tidak sedikit, jadi jika kita meminjam uang Rp. 10.000.000,- maka kita harus mengembalikan lebih dari itu.

Itulah Perbedaan hutang dan piutang dan contohnya. Mohon koreksi jika aku salah, terima kasih sudah membaca artikel dari website penulis cilik dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu