in

Perbedaan IGD dan UGD

Perbedaan IGD dan UGD
Perbedaan IGD dan UGD

Apa sih perbedaan IGD dan UGD? Ketika kamu berkunjung ke rumah sakit, baik untuk berobat ataupun menengok orang yang sakit, tentu pernah membaca atau mendengar istilah ini.

Semua rumah sakit besar memiliki ruangan ini. UGD dan IGD merupakan tempat pelayanan kesehatan yang sifatnya gawat darurat.

Dari penamaan singkatan UGD singkatan dari Unit Gawat Darurat, sedangkan IGD singkatan dari Instalasi Gawat Darurat, apa sih bedanya?

Perbedaan IGD dan UGD

Jadi sobat penulis cilik, perbedaan IGD dan UGD adalah:

UGD ruang lingkupnya lebih kecil dibanding IGD, dimana UGD ada di rumah sakit kecil sementara IGD ada di rumah sakit besar dengan jumlah dokter jaga yang banyak.

Dokter yang bertugas untuk jaga di UGD biasanya hanya dokter umum. Berbedan dengan di ruangan IGD dokternya tidah hanya umum, tetapi ada dokter spesialis juga yang standby berjaga.

Jadi prinsip penanganannya sama, tetapi untuk pasien IGD akan lebih cepat ditangani karena adanya bantuan dokter spesialis.

Baca:
Perbedaan DNA dan RNA
Perbedaan peredaran darah besar dan kecil
Kamus istilah kedokteran
Senam Otak

Nah sobat, jadi kira-kira itu perbedaan IGD dan UGD secara singkat, kamu bisa koreksi jika aku salah. Terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu