in

SedihSedih

Perbedaan Konsep Sinkronik dan Diakronik

Perbedaan Konsep Sinkronik dan Diakronik
Perbedaan Konsep Sinkronik dan Diakronik

Cara mempelajari sejarah banyak sekali metodenya, apaun metodenya diharapkan membuat kita paham dan mendapatkan banyak informasi dari sejarah tersebut.

Beberapa metode yang sering digunkan dan pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua adalah metode sinkronik dan metode diakronik.

Konsep metode sinkronik sendiri adalah dengan cara mencocokan suatu peristiwa dalam waktu tertentu dengan lebih mendalam. Kata sinkronik berasal dari bahasa Yunani yang artinya dengan dan Chroonos yang berarti waktu.

Contoh dari penggunaan konsep metode sinkronik adalah pada saat kita ingin menonton film peristiwa G30 SPKI kita akan membandingkan dan mengkaitkan dengan tanggal 30 september apa yang terjadi pada tanggal tersebut dan mengkaitkan dengan tanggal dan tahun yang tidak jauh dari tanggal tersebut.

Baca:
Kamus padanan kata
Perbedaan pajak dan retribusi

Perbedaan Diakronik dan Sinkronik

Sedangkan konsep metode diakronik adalah sebuah cara berpikir mempelajari sejarah dengan cara melalui, melintasi maupun menjelajahi waktu. Kata diakronik sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti melintas atau melampui sedangkan chronos memiliki arti waktu dalam bahasa Yunani.

Contoh penggunaan konsep diaktronik ini adalah semisalkan kita ingin mempelajari masa perjuangan kemerdekaan Indonesia pada saat penjajahan Jepang. Nah, kita menggunakan tanggal dan tahun kapan Jepang masuk ke Indonesia kemudian kita rinci peristiwa apa saja yang terjadi.

Perbedaan konsep sinkronik dan diaktronik adalah pada cara berpikir seseorang tersebut. Seseorang yang menggunakan konsep siaktronik akan lebih berpikir secara luas dalam ruang sedangkan konsep diaktronik seseorang tersebut akan cenderung berpikir secara berurutan sesuai dengan kronologis yang terjadi.

Masih ada cara berpikir yang lain, namun dalam artikel ini kami hanya membahas bagaimana cara berpikir menggunakan meode sinkronik dan diaktronik. Mengingat dua metode tersebutlah yang sering digunakan dikalangan masyarakat.

Baca:
Perbedaan don’t dan do not
Gambar poster lingkungan
Cara membuat montase

Berikut merupakan perbedaan konsep berpikir menggunakan sinkronik dan diakronik, masing-masing pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan bagi anda yang baru tahu perbedaannya semoga bisa menggunakan konsep berpikir yang sesuai dengan keadannya sehingga akan mempermudah anda.

Semoga artikel ini bermanfaat, koreksi jika ada salah ya, terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel ini.

Yuk tulis komentar kamu