in

Jelaskan perbedaan negara kesatuan dan negara serikat dan contohnya

Jelaskan perbedaan negara kesatuan dan negara serikat
Jelaskan perbedaan negara kesatuan dan negara serikat

Apa ya perbedaan negara kesatuan dan negara serikat? Terbentuknya suatu negara tentu banyak hal yang mempengaruhi, mulai dari latar balakang negara tersebut, sampai pada pandangan hidup warganya.

Nah kali ini, aku sebagai member penulis cilik ingin menjelaskan secara singkat tentang perbedaan bentuk negara serikat dengan bentuk negara kesatuan, kira-kira apa ya?

Secara sederhana Perbedaan negara kesatuan dan negara serikat adalah terletak pada susunan pemerintahan dan persebaran wewenang antara pusat dan wilayah.

Negara kesatuan (unitary state) terpusat pada pemerintahan pusat, umumnya terletak pada Ibukota, sementara itu pada negara serikat (federal state), wewenang dan pemerintahan dibagi, yaitu antara pemerintahan pusat dan negara bagiannya.

Baca juga: Ditjen imigrasi di bawah kementerian?

Perbedaan negara kesatuan dan negara serikat dan contoh negara kesatuan dan negara serikat

Berikut ini akan aku coba kemukakan bentuk negara kesatuan dan bentuk negara serikat atau bisa juga mencari ciri-ciri keduanya, diantaranya:

Pembagian wewenang

  • Negara kesatuan: wewenang negara tertumpu pada pemerintah pusat, dimana pemerintah daerah secara eksplisit diberikan wewenang dari pemerintah pusat.
  • Negara serikat: pemerintah pusat hanya mendapat wewenang yang secara eksplisit diberikan melalui peraturan, sedangkan hal lain menjadi wewenang pemerintah daerah.

Contoh dan negara serikat

  • Contoh negara kesatuan : Indonesia perdagangan semuanta diatur lewat undang-undang oleh pemerintah pusat.
  • Contoh negara serikat : negara kesatuan Amerika Serikat, sistem perdagangan diatur oleh negara bagian, sementara pemerintah pusat hanya mengatur perdagangan lintas negara bagian, dan internasional, sebagaimana diatur di konstitusi.

Baca juga: Contoh kerjasama multilateral

Susunan pemerintahan

  • Negara kesatuan : birokrasi dan pemerintahan terpusat di pusat negara. Segala instansi pemerintah berada di ibukota atau wilayah yang berdekatan.
  • Negara serikat : pemerintahan tersebar ke seluruh negara bagian, dimana ibu kota negara bagian juga memiliki peran penting dalam mengatur negara, begitu juga dengan lembaga pemerintahan yang tersebar.

Contohnya

  • Negara kesatuan : Di Indonesia, semua instansi pemerintahan berada di Jakarta.
  • Negara serikat : Di Afrika Selatan, memiliki parlemen yang berada di kota Cape Town, administrasi berada di kota Pretoria, sedangkan Mahkamah Agung berada di Bloemfontein.

Baca juga: Arti penting pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup

Perubahan undang-undang

  • Negara kesatuan : perubahan peraturandapat dilakukan oleh pemerintah pusat, termasuk merubah undang-undang dasar, bahkan membatalkan peraturan daerah.
  • Negara serikat : perubahan undang-undang tidak semudah negara kesatuan, karena harus disetujui oleh negara bagian.

Contohnya

  • Negara kesatuan : Indonesia perubahan undang-undang dasar cukup disetujui MPR.
  • Negara serikat : di Amerika Serikat, untuk melakukan perubahan undang-undang dasar, harus dilakukan persetujuan oleh 2/3 dari semua negara bagian.

Baca juga: Perbedaan desentralisasi dan dekonsentrasi

Perbedaan sejarah

  • Negara kesatuan : daerahnya dibentuk oleh pemerintah pusat.
  • Negara serikat : umumnya berupa gabungan negara kecil yang bersatu, dimana mereka semua membentuk negara serikat.

Contohnya

  • Negara kesatuan : Sementara di Indonesia provinsi dibentuk oleh pemerintah pusat.
  • Negara serikat : di Swiss dan Amerika Serikat, negara bagian di sana awalnya adalah negara kecil yang berdiri sendiri (Kanton di Swiss dan koloni Inggris di Amerika Serikat) yang kemudian bersatu.

Baca juga: Pengamalan sila ke 4

Nah itulah penjelasan singkat tentang perbedaan negara kesatuan dan negara serikat, semoga bisa menjawab tugas sekolah kamu. mohon koreksi jika aku salah, dan terima kasih sudah membaca juga membagikan artikel ini.

Yuk tulis komentar kamu