in

Perbedaan pandemi dan endemi

Perbedaan pandemi dan endemi
Perbedaan pandemi dan endemi

Apa perbedaan pandemi dan endemi? Hi semua sobat penulis cilik, masih membahas seputar virus corona, kali ini kita akan bahas lagi tentang istilah yang sering muncul di semua media.

Ketika World Health Organization (WHO) menetapkan bawa virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 sebagai pandemi, istilah ini mulai muncul menjadi bahan pembicaraan.

Sobat, penyakit yang disebabkan oleh virus memiliki pola penyebaran atau penularan yang berbeda-beda, nah pandemi dan endemi adalah salah satu jenis prosesnya, apa bedanya ya?

Perbedaan pandemi dan endemi

Untuk mengetahui perbedaanya, berikut ini beberapa istilah yang muncul sebagai perbandingannya, yaitu:

Wabah

Wabah adalah infeksi yang terjadi di masyarakat akibat bakteri atau virus yang bisa mematikan.

Contoh ilustrasi: Ketika warga Wuhan yang berada di sekitar Pasar Ikan yang menjadi sumber penyebaran pertama penyakit COVID-19, mulai terjangkit virus corona dengan jumlah cukup banyak.

Endemi

Endemi adalah penyakit yang sudah menjangkit atau menyebar dengan jumlah besar terjadi pada suatu wilayah (negara) atau populasi tertentu.

Contoh ilustrasi: Ketika penyakit COVID-19 yang awalnya hanya berada di kota Wuhan, sudah mulai menyebar lebih luas ke beberapa kota lainnya bahkan satu negara tersebut.

Pandemi

Pandemi adalah epidemi yang sudah menyebar luas, artinya penyakit ini sudah menyebar ke seluruh negara di dunia.

Contoh ilustrasi: Penyakit COVID-19 sudah mulai menyebar ke seluruh warga dunia.

Definisi pandemi menuurut WHO: “A pandemic is the worldwide spread of a new disease.” artinya pandemi adalah penyebaran penyakit baru ke seluruh dunia.

Baca:
Cara membuat desinfektan alami
Cara membuat hand sanitizer sendiri
Perbedaan alkohol dan etanol
Cara menggunakan masker

Nah sobat itu saja penjelasan dari perbedaan pandemi dan endemi. Kamu bisa koreksi jika aku salah dan bagikan jika ini bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu