in

Perbedaan Pemohon dan Termohon, jelaskan!

Perbedaan Pemohon dan Termohon
Perbedaan Pemohon dan Termohon

Jelaskan perbedaan pemohon dan termohon. Untuk kamu yang sudah SMA atau SMK, yang usianya sudah mencapai 17 tahun, tentunya sudah diwajibkan untuk mengikuti pemilihan umum.

Apa kaitannya dengan pembahasan ini? Tentunya ada, akibat pesta demokrasi pada tanggal 17 April 2019 kemarin, banyak hal yang diluar dugaan, maka salah satu paslon mengajukan kebetaran kepada Mahkamah Konstitusi (MK).

Nah, dari sinilah istilah Pemohon atau termohon ini mulai menghiasi televisi dan media online, dan tentunya membuat bingung kita orang awam. Lalu apakah perbedaanya?

Baca: Perbedaan hukum private dan hukum publik

Perbedaan Pemohon dan Termohon

Umumnya kata “ter” sering kita anggap tidak di sengaja, atau tidak didunga, misalnya “terjatuh”, dimana artinya tidak sengaja jatuh.

Padahal, tidak semua kata “ter” memliliki makna yang sama, misalnya pada kata “terselesaikan” yang artinya sudah diselesaikan (diatasi), bukan tidak sengaja diselesaikan. Jadi maknya sama dengan kata awalan “di”.

Baca: Perbedaan peran TNI dan Polri

Maka dari itu, perbedaan Pemohon dan Termohon dalam istilah pengadilan adalah:

  • Pemohon adalah orang/institusi yang mengajukan keberatan atau permohonan atas ketidak nyaman yang diterima melalui MK
  • Termohon adalah orang/institusi yang dilaporkan oleh pemohon.

Baca:
Jelaskan proses pembentukan minyak bumi
Perbedaan ancaman militer non militer

Nah, kiranya itu saja yang bisa aku jelaskan. Koreksi jika ada kesalahan, terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel ini.

Yuk tulis komentar kamu