in

Perbedaan prabayar dan pascabayar (Listrik dan Kartu Sim Card)

Perbedaan prabayar dan pascabayar (Listrik dan Kartu Sim Card)
Perbedaan prabayar dan pascabayar (Listrik dan Kartu Sim Card)

Perbedaan prabayar dan pascabayar. Istilah ini sering muncul dalam bidang telekomunikasi, khususnya pada perusahaan penyedia saja atau provider telepon seluler.

Namun, listrik rumah kita juga sudan menggunakan teknologi yang sama, yaitu menggunakan token listrik sebelum menggunakannya.

Nah, pada artikel penulis cilik ini, aku akan menjelaskan secara singkat tentang ini, dimana ada beberapa provider hp yang memiliki program ini, misalnya saja perbedaan kartu prabayar dan pascabayar Indosat, telkomsel, dll.

Baca: Hari Oeang tanggal berapa?

Perbedaan prabayar dan pascabayar

Untuk lebih sederhana, kita ambil contoh kartu sim card smartphone yang kita miliki sekarang ini, berikut penjelasan singkatnya.

Prabayar

Sebelum menggunakan kartu, baik digunakan untuk telepon, sms, atau internet, kamu harus mengisi dengan pulsa, atau kamu harus membayar terlebih dahulu baru bisa menggunakan.

Nah, kasus ini juga sudah masuk pada penggunaan listrik di rumah kita, jika kamu sudah menggunakan KWH meter yang menggunakan token, maka termasuk ke dalam prabayar.

Jadi prabayar adalah bayar dulu baru bisa digunakan. Keuntungannya kamu bisa mengontrol atau mengendalikan penggunaan listrik atau telepon, sedangkan kekurangannya jika kamu lupa membeli token atau pulsa, maka bisa mati mendadak (listrik).

Baca:
Poster hemat listrik
Contoh hak dan kewajiban

Pascabayar

Kamu tidak perlu mengisi pulsa sebelum menggunakan, namun pada akhir bulan (biasanya tanggal 20) akan ada tagihan biaya penggunaan bulan lalu.

Ini sama dengan kamu yang masih menggunakan KWH meter listrik lama, dimana biayanya dibayar setiap awal bulan berikutnya.

Jadi pascabayar adalah gunakan dulu baru bayar. Kelebihannya kamu bisa menggunakan listrik atau telepon dengan bebas, sedangkan kelemahannya kamu tidak bisa mengontrol penggunaannya, tiba-tiba tagihan membengkak.

Baca:
Peran energi listrik di era globalisasi?
Perbedaan ekonomi mikro dan makro
Spelling abjad

Itulah beberapa perbedaan prabayar dan pascabayar baik telepon maupun listrik. Koreksi aku jika salah, terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu