in

Apa perbedaan zakat dan pajak, jelaskan!

perbedaan zakat dan pajak
perbedaan zakat dan pajak

Apa perbedaan zakat dan pajak, jelaskan! Tidak sedikit orang yang menganggap ini sama, seperti halnya aku sendiri yang beranggapan sama.

Walau tidak sepenuhnya salah sih, namun tidak juga benar, bingung ya? baca sampai habis ya hehe.

Sobat penulis cilik, persamaan antara pajak dan zakat adalah sama-sama perintah untuk mengeluarkan sebagain dari harta sebagaimana aturannya masing-masing.

Apa perbedaan zakat dan pajak?

Kewajiban untuk menaunaikan zakat tertuang dalam Alquran, surah Al-Baqarah ayat 43, sedangkan pajak diatur pada undang-undang perpajakan yang dibuat oleh Pemerintah [1].

Zakat terbagi atas 2 jenis, yaitu zakat fitrah dan zakat maal (harta) [2], sedangkan pajak dapat digolongkan berdasarkan 3 jenis, yaitu: berdasarkan pihak yang menanggung pajak, berdasar sifatnya, dan berdasar pihak yang memungut pajak.

Gambar 5 Rukun Islam untuk anak
Gambar 5 Rukun Islam untuk anak

Zakat juga termasuk ke dalam Rukun Islam, jadi zakat dikeluarkan dengan maksud ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta ala, sedangkan pajak suatu keharusan berdasar aturan Pemerintah.

Penyaluran zakat sudah ada ketentuan atau aturan jelasnya, siapa saja yang boleh mengeluarkan dan boleh menerima, sedangkan pajak dikumpulkan oleh pemerintah masuk ke kas negara kemudian disalurkan berdasarkan pada kepentingan negara.

Baca:
Perbedaan zakat fitrah dan zakat maal
Perbedaan fakir dan miskin
Perbedaan pajak dan retribusi
Perbedaan ekonomi mikro dan makro

Jadi itulah perbedaan zakat dan pajak, koreksi jika aku salah, terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu