in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Peristiwa Isra Mi’raj Secara Singkat

Peristiwa Isra Mi'raj Secara Singkat
Peristiwa Isra Mi'raj Secara Singkat

Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad S.A.W adalah peristiwa penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Pada peristiwa ini baginda Nabi Muhammad S.A.W mendapatkan perintah untuk menunaikan sholat fardu 5 waktu.

Isra Mi’raj ini terjadi pada tanggal 27 Rajab tahun 621 masehi dan pada waktu itu umur Baginda Nabi Muhammad S.A.W adalah 51 tahun.

Baca juga:

  1. Nama 25 Nabi
  2. Jelaskan Perbedaan Nabi dan Rasul?

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang apa itu Isra, Buraq, dan Mi’raj, silahkan dibaca baik-baik ya.

Apa itu Isra?

Isra adalah Perjalanan Baginda Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqsa, dengan jarak antara kedua mesjid itu adalah 1239 Km. Waktu itu Rasulullah menaiki Buraq ditemani malaikat Jibril A.S dan malaikat Israfil A.S.

Apa itu Buraq?

Buraq adalah hewan seperti kuda tetapi lebih kecil, lebih besar dari keledai, memili sayap, berwarna putih atau ada juga yang bilang putih mengkilat, ukurannya panjang, dan sekali kakinya melangkah jarak yang ditempuh bisa sejauh mata memandang.

Perjalanan Menuju Ke Sidratul Muntaha
Perjalanan Menuju Ke Sidratul Muntaha

Apa itu Mi’raj?

Mi’raj adalah perjalanan Baginda Rasulullah S.A.W dari Masjidil Al-Aqsa ke Sidratul Muntaha, kemudian di perjalanan Baginda bertemu Nabi-nabi pada setiap langit sampai langit ketujuh. yaitu dengan:

  1. Nabi Adam A.S di langit pertama
  2. Nabi Isa A.S dan Nabi Yahya AS di lagit kedua
  3. Nabi Yusuf A.S di lagit ketiga
  4. Nabi Idris A.S di lagit keempat
  5. Nabi Harun A.S di langit kelima
  6. Nabi Muda A.S di lagit keenam
  7. Nabi Ibrahin A.S di langit ketujuh

Kemudian Rasulullah S.A.W naik ke Sidratul Muntaha untuk bertemu dengan Allah SWT, di sana Allah S.W.T memerintah umat Nabi Muhammad S.A.W untuk melaksanakan Sholat fardu sebanyak 50 waktu setiap hari.

Baginda Rasulullah S.A.W kaget dengan perintah itu, tentunya dengan banyak pertimbangan, yang paling utama adalah kererna Baginda sangat sayang kepada umantnya, beliau memintan keringanan yang banyak kepada Allah S.W.T, sampai akhirnya Allah S.W.T menerima permintaan Baginda Nabi kemudian sholat fardu hanya menjadi 5 waktu saja, yaitu:

  1. Subuh
  2. Zuhur
  3. Ashar
  4. Magrib
  5. Isya

Nah teman-teman, demikian Peristiwa Isra Mi’raj Secara Singkat yang aku tulis, mohon maaf ini khusus  cerita anak muslim, bagi kalian yang non muslim boleh membaca untuk menambah pengatahuan.

Baca juga: Kisah Julaibib Sahabat Nabi Muhammad SWA

Oia kalian harus like, share, dan komen di bawah biar aku semangat nulis lagi ?. Kira-kira cerita apa lagi yang harus aku tulis untuk kalian semua?

Contributor

Ditulis oleh Ulfa DJ

Hellooo

Years Of MembershipContent AuthorQuiz Maker

5 Komentar

Balas komentar

Yuk tulis komentar kamu