in

KerenKeren

Permainan anak yang mendidik dan edukatif untuk anak TK dan SD

Permainan anak yang mendidik dan edukatif untuk anak TK dan SD
Permainan anak yang mendidik dan edukatif untuk anak TK dan SD

Permainan anak yang mendidik dan edukatif untuk anak TK dan SD. Bermain bersama anak memang mengasyikkan, khususnya bagi Ayah dan Bunda yang sibuk dan ingin mengisi liburan.

Kita bisa perlahan-lahan mengenal karakter anak, mengamati perkembangannya, juga mendekatkan kita dengannya. Membahagiakan anak tidak harus dengan memberikan mainan, mengajaknya bermain di rumah juga cukup menyenangkan.

Pendidikan anak sangat penting, khususnya bagi anak yang masih TK atau baru masuk Sekolah Dasar. Mereka memerlukan peran orang tua, walau sudah diberikan pengasuh sebanyak apapun.

Baca juga: Permainan sederhana yang bisa mengasah otak

Permainan anak yang mendidik

Permainan edukatif sangat bagus dalam merangsang dan mampu melatih perkembangan otak anak serta mampu mensimulasikan kreativitas anak.

Pada artikel parenting ini, saya akan memberikan rekomendasi contoh permainan anak yang mendidik yang murah meriah, sebagai referensi dalam mengajarkan anak tentang berbagai hal dasar yang ada di dunia ini.

Bermain peran

Permainan ini mampu melatih daya imajinasi juga verbal anak. Dimana dengan ini kita bisa mengetahui pemahaman anak terhadap sesuatu pekerjaan. Misalnya dengan mengubah peran menjadi, polisi, tentara dokter, guru, dan lain-lain.

Orangtua dapat mengajukan pertanyaan tentang apa yang sedang diperankan, sehingga melatih kemampuan berpikirnya. Atau menulis cerita pendek (cerpen) kemudian berikan reward, tentunya ini akan menjadi game anak anak yang tidak membosankan.

Bunda juga dapat download aplikasi penulis cilik di google play, gratis.

Download “Panulis Cilik” details – Downloaded 13 times – 473 KB

Bermain congklak

Congklak merupakan permainan tradisional yang ada dimana-mana, dengan mengajak anak melakukan permainan ini, selain melatih kesabaran, juga anak bisa belajar berhitung dengan menggunakan biji-biji congklak yang dibagikan pada setiap lubang.

Permainan blocked

Dalam permainan blocked, anak anak dilatih untuk dapat merangkai blocked, mencocokkan bentuk, dan konsentrasi, tentunya ini dapat melatih kemampuan problem solving anak.

Membaca buku cerita

Banyak sekali buku cerita anak, mungkin anak akan merasa bosan jika dia membaca sendiri. Cobalah bunda bacakan cerita untuknya, namun minta anak untuk menceritakan kembali isi buku sesuai kemampuannya. Permainan ini akan lebih menantang tentunya.

Bermain warna

Melatih atau mengenalkan berbagai macam warna serta mengklasifikasikan warna tersebut itu tidak susah, bunda cukup mencari mainan yang berwarna, seperti boneka, mobil-mobilan, pensil warna, dll, kemudian minta anak untuk memisahkan warna-warna sesuai dengan apa yang bunda perintahkan.

Baca juga: Cara membuat kincir angin

Bermain bentuk

Ada banyak bentuk di dunia ini, misalnya saja segitiga, lingkaran, persegi, dan lainnya. Permainan ini hanya membutuhkan ragam bentuk yang ada di rumah, misalnya buku, kalender, tv, dll.

Sambil memangku anak, bunda dapat perlahan menunjuk beberapa benda itu dengan menjelaskan bentuknya, lama-lama anak akan mengerti dan tidak harus dipaksa.

Bermain tebak lagu

Lagu anak sudah mulai tidak populer, tetapi dengan bunda mengajarkan anak bernyanyi, maka dia akan mengenalnya juga. Permainan tebak lagu akan melatih konsentrasi anak, verbal anak, daya ingat, dan juga keberanian anak. Minta anak untuk menyanyikan ulang atau menebak judul lagu yang bunda nyanyikan.

Bermain boneka

Melatih kreativitas, melatih verbal, daya imajinasi, dan rasa percaya diri anak akan timbul jika bunda instruksikan anak untuk menceritakan atau memainkan peran masing-masing boneka.

Mereka tanpa sadar akan berpikir apa, bagaimana, dan kenapa terhadap masing-masing karakter yang dipilih. Seandainya bunda memiliki banyak bentuk hewan, bunda dapat memintanya untuk menirukan suaranya.

Bermain huruf

Mengenal huruf juga cukup mudah, dimana bunda memintanya untuk menyebutkan nama binatang yang huruf awalnya bunda tulis pada kertas.

Permainan ini dapat melatih daya ingat anak terhadap huruf agar kelak anak dapat lebih mudah dalam belajar membaca

Bermain angka

Sama seperti permainan huruf, angka juga dapat dimainkan dengan menggunakan jam, dengan bertanya “jam berapa hari ini?” anak akan berpikir apa angka yang bunda sebutkan.

Dalam belajar berhitung, bunda juga bisa menggunakan beberapa mainan yang dikumpulkan kemudian dihitung atau dipisahkan, sehingga membentuk konsep penjumlahan, pengurangan, dan pembagian.

Bermain permainan tradisional

Untuk mengasak kreativitas anak, ajak atau libatkan dia dalam membuat proyek sederhana, misalnya membuat mobil-mobilan yang dibuat dari kulit jeruk, tempat pensil dari botol bekas, dll. Permainan anak laki-laki dan perempuan akan sangat happy.

Baca juga: 7 Manfaat permainan tradisional

Nah bunda, itulah beberapa macam-macam permainan edukatif untuk anak sd juga tk, semoga permainan anak yang mendidik dapat membantu. Terima kasih sudah membaca artikel saya di penulis cilik. Semoga bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu