in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Permainan Tradisional Tujuh Batu Pahlawan

Permainan Tradisional Tujuh Batu Pahlawan
Permainan Tradisional Tujuh Batu Pahlawan

Assalamualaikum, hallo teman-teman! Banyak sekali permainan tradisional yang ada di Indonesia, semuanya seru dan menyenangkan, tetapi sayang, banyak anak-anak yang sudah tidak memainkannya lagi, karena sudah banyak permainan yang lebih seru di HP masing-masing, tetapi ada juga yang tidak memainkannya karena memang tidak tahu.

Sekarang aku mau memberi tahu permainan tradisional di daerah aku. Permainan ini bernama Tujuh Batu Pahlawan. Mungkin ditempat kalian permainan ini beda nama. Kalau mau tahu cara mainnya yuk ikut aku.

Cara bermain Tujuh Batu Pahlawan:

  • Ambil 7 buah batu atau lebih. Kalau tak ada batu gunakan keramik bekas di jalan dan susunlah batu-batu tersebut.
  • Semua Hom Pim Pa, yang kalah jaga.
  • Nah yang tadi menang melempar sandal kearah batu, harus kena lho. Oh iya cara ini sebenarnya untuk mengganti Hom Pim Pa (kalau tidak salah)
  • Dan seperti petak umpet, yang jaga menghitung sampai angka yang ditentukan, lainnya mengumpet (bersembunyi). Hmmm… Apa uniknya ya?

Walaupun sudah selesai menghitung, yang mengumpet harus keluar dan mengacak batu, kalau yang jaga sedang menyusun, dan yang mengumpat mencolek yang jaga, maka pengumpet akan jadi pahlawan seperti di petak umpet. Di Rumahku biasa memainkan ini saat menunggu besok libur.

Nah, sekarang gimana? Unik tidak? kalau menurutmu unik, katakan di comment atau secara lisan, Oia apa permainan tradisional yang masih kamu mainkan sampai sekarang?

Waalaikumsalamualaikum…

Yuk tulis komentar kamu