in

Persamaan sel volta dan sel elektrolisis, jelaskan!

Persamaan sel volta dan sel elektrolisis
Persamaan sel volta dan sel elektrolisis

Apa persamaan sel volta dan sel elektrolisis? Ini pelajaran kelas 12, materi buku Kimia, Sekolah menengah Atas (SMA).

Sel volta adalah suatu sel yang di dalamnya terjadi reaksi redoks spontan yang menghasilkan energi listrik. Sel volta mempunyai elektrode logam yang dicelupkan ke dalam larutan garamnya.

Sel elektrolisis merupakan peruraian suatu elektrolit karena adanya arus listrik searah. Pada sel elektrolisis, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi kimia. Selain itu, reaksi berlangsung tidak spontan.

Persamaan sel volta dan sel elektrolisis

Teman, ada bayak kegunaan sel volta dan sel elektrolisis dalam kehidupan sehari hari, salah satunya adalah baterai dan pembuatan zat dari bahan alumunium.

Kamu bisa baca Perbedaan sel volta dan sel elektrolisis, dan contoh penerapan sel volta dan sel elektrolisis dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu memperjelas bahasan ini.

Berikut ini persamaan sel volta dan sel elektrolisis, diantaranya:

Pada anoda selalu terjadi reaksi oksidasi, artinya elektroda yang mengalami reaksi oksidasi disebut anoda. Untuk mengingatnya kamu bisa singkat “AKSI”

Pada katoda selalu terjadi reaksi reduksi, artinya elektroda yang mengalami reaksi reduksi disebut katoda. Agar lebih mudah diingat singat dengan “KARET”

Baca:
Apa arti lowbat
Kumpulan Percobaan Kimia Sederhana
Manfaat Minyak Bumi

Terima kasih sudah membaca artikel penulis cilik ini. Koreksi jika ada kesalahan dan bagikan jika ini bermanfaat

Yuk tulis komentar kamu