in

SedihSedih SenangSenang

Penjelasan Potensi ekonomi maritim Indonesia

Penjelasan Potensi ekonomi maritim Indonesia
Penjelasan Potensi ekonomi maritim Indonesia

Soal: Potensi ekonomi maritim Indonesia. Posisi Indonesia sangat strategis, menjadikan negara kita sebagai jalur ekonomi, dimana beberapa selat yang menjadi jalur perdagangan, seperti Selat Malaka, Selat Sunda, Selat Makassar, dll.

Ditambah, Indonesia juga menjadi salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, tentunya memiliki potensi dalam pemberdayaan ekonomi laut dan maritim.

Apa itu ekonomi maritim? Ekonomi maritim adalah suatu kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, industri galangan kapal dan perawatannya, pengoperasian, pembangunan, dan industri jasa lainnya.

Note: Ini adalah tugas sekolahku, jika ada kesalahan mohon koreksi

Baca juga: Potensi agrikultur di Indonesia

Potensi ekonomi maritim Indonesia

Berikut ini adalah Potensi ekonomi maritim Indonesia, yang mana jika dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, maka akan memberikan kontribusi yang cukup besar kepada negara kita, diantaranya:

Potensi Sektor Pelayaran

Sebagai negara kepulauan, tentunya jasa transportasi, seperti antar atau kirim barang maupun warga yang ingin menggunakan jalur laut dalam bepergian, tentunya dapat menjadi peluang bisnis.

Tantangan terbesar pada sektor pelayaran adalah belum tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai, begitu juga dengan kemampuan dan fasilitas kapal angkut yang masih belum memadai, ditambah sistem pelabuhan di Indonesia juga masih dalam tahap pengembangan dan perbaikan. Pemerintah juga sudah membuka kelas di berbagai universitas tentang Logistik, tentunya ini akan menambah SDM pada sektor ini.

Baca juga: Cara membuat cakram warna

Potensi Sektor Perikanan

Luas laut yang negara kita miliki menjadi tempat yang cukup baik untuk ikan-ikan berkembang biak, tentunya jika dikelola dan dimanfaatkan dengan baik dapat mendorong ekonomi para nelayan.

Tantangan pada sektor perikanan adalah pencurian ikan oleh kapan asing (negara lain) dan para nelayan yang masih mencari ikan dengan cara yang tidak baik, yaitu menggunakan bom. Walau demikian Kementerian KKP, terus berupaya membenahi itu semua, mulai dari pemberian sanksi pembakaran kapan, melakukan sampai menarik minat masyarakat dalam mengkonsumsi ikan dengan gerakan makan ikan.

Potensi Sektor Pariwisata Bahari

Tantangan sektor pariwisata bahari adalah akses transportasi menuju ke lokasi yang masih banyak kurang, walau untuk objek wisata besar seperti Bali memang sudah baik, tetapi untuk objek wisata yang cukup jauh dari Ibukota seperti Pangandaran sepertinya harus ditempuh dengan jalur darat yang cukup lama.

Baca juga: Apa saja Sumber Daya Alam Pulau Sumatera

Jika ke-3 sektor ini sudah dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, tentunya akan membuat Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris juga akan dikenal dengan negara maritim, maka akibatnya:

  • Lapangan pekerjaan akan bertambah
  • Para nelayan akan semangat melaut karena bayak warga yang membutuhkan ikan
  • Devisa pemerintah juga meningkat, khususnya dari kunjungan wisman.
  • Citra Indonesia menjadi lebih baik dimana dunia

Baca juga: Pertanyaan tentang wawasan nusantara

Nah, kiranya itu yang dapat aku sampaikan tentang Potensi ekonomi maritim Indonesia, mohon koreksi jika aku salah, karena aku masih belajar. Terima kasih sudah membaca dan membagikan jawaban soal ini.

Veteran

Ditulis oleh Dimas A

Cita-citaku ingin menjadi seorang Dokter yang bisa merawat dan mengobati orang yang tidak mampu, menulis hanya hobi sesaat untukku... :)

Years Of MembershipStory MakerContent AuthorList MakerQuiz MakerEmoji Addict

Yuk tulis komentar kamu