in ,

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Anak OSIS Pasti Melakukan Ini Untuk Sekolahnya!

Program Kerja OSIS yang Unik dan Kreatif Terbaru
Program Kerja OSIS yang Unik dan Kreatif Terbaru

Contoh Program Kerja OSIS yang unik dan kreatif terbaru. Apa kabar para pembaca penuliscilik.com, kali ini aku ingin memberikan informasi tentang contoh program kerja OSIS yang menurutku itu keren, kenapa?

Dengan melaksanakan ini setiap satu minggu sekali, aku jamin sekolah kalian akan jadi terkenal, sehingga dapat membantu sekolah dalam melakukan promosi. Program kerja OSIS yang kreatif ini dapat dilakukan oleh semua jenjang, mulai dari SD, SMP terbaik, MTS, SMA, dan SMK.

Oia, beberapa waktu lalau member penulis cilik, ada yang mengirimkan atikel tentang visi dan misi OSIS yang keren, baca di sini.

Baca juga : Pertanyaan untuk Calon Ketua OSIS

Program Kerja OSIS yang Unik dan Kreatif

Program Kerja (PROGJA) OSIS yang aku maksud adalah dengan melakukan publikasi setiap event atau kegiatan yang kalian laksanakan di sekolah. Tentunya sekolah juga memiliki sosial media bahkan website, namun jika hanya promosi di situ, lingkupnya terlalu kecil.

Apa maksudnya?

Pembaca atau yang melihat hanya orang-orang yang sudah mengenal sekolah kalian, seperti alumni, murid, dan para guru di sekolah.

Lalu dimana promosi program OSIS yang keren? kirim kegiatan OSIS kalian ke website penuliscilik.com, website ini dibaca puluhan ribu pembaca (anak-anak sekolah) setiap harinya.

Cara Mempromosikan Program Kegiatan OSIS

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan promosi kegiatan OSIS di website penuliscilik.com

  1. Buat kegiatan atau event osis yang menarik, libatkan semua murid dan guru, agar acaranya meriah.
  2. Lakukan dokumentasi, baik video, foto, dan tulisan yang bagus.
  3. Mintalah revisi dari guru atau orang yang menjadi penasehat organisasi OSIS kalian.
  4. Kirim artikel ke website penuliscilik.com, pilih kategori berita, unggah semua dokumen pendukung, seperti foto dan video (untuk video upload dahulu ke youtube, kemudian paste link-nya di artikel).

Sebagai catatan, artikel yang dipublikasi adalah artikel asli (bukan copy paster dari website sekolah, dll).

Contoh Program Kerja OSIS Sesuai Sekbid

Seksi Bidang atau disingkat dengan Sekbid, merupakan unit di bawah struktur organisasi OSIS yang memenag peran penting di dalam kemajuan kreatifitas siswa, berikut ini adalah beberapa contoh program sekbid dalam OSIS yang menarik :

  1. Sekbid Ketakwaan Terhadap yang Maha Esa, mengadaakan event pembuatan kaligrafi yang diikuti oleh semua siswa di sekolah.
  2. Sekbid Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Lomba menggambar atau melukis bertemakan pahlawan di seluruh Indonesia, cocok untuk program 17 Agustusan.
  3. Sekbid Pendidikan Pendahuluan Bela Negara, Karya wisata ke tempat-tempat bersejarah, sehingga dapat meningkatkan semangat patriotisme anak-anak sekolah.
  4. Sekbid Kepribadian dan Budi Pekerti yang Luhur, penggalangan dana untuk anak-anak kurang mampu, atau mengunjungi panti asuhan terdekat, kemudian ikut berbaur dalam mengajarkan ilmu-ilmu yang didapat dari sekolah.
  5. Sekbid Berorganisasi Pendidikan Kepemim Pinan dan Politik, Lomba pembuatan karya ilmiah, seperti melakukan observasi terhadap tumbuhan atau mahluk hidup lainnya.
  6. Sekbid Keterampilan dan Kepariwisataan, Lomba kebersihan kelas yang di vote atau dipilih oleh seluruh siswa di sekolah, dengan tujuan terbentuknya pola demokrasi di sekolah.
  7. Sekbid Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi, Lomba olahraga, mulai dari catur, voli, bulutangkis, lari, dll. Tujuannya untuk mengetahui siapa saja anak yang memiliki minat dan berprestasi dalam bidang olahraga.
  8. Sekbid Persepsi, Apresiasi, dan Kreasi Seni, Lomba menciptakan lagu, atau konten kreatif, baik berupa gambar, suara, dan video.
  9. Sekbid Pembinaan Teknologi Informasi dan Pendidikan, Lomba desain proster atau brosur untuk kegiatan OSIS atau mading sekolah
  10. Sekbid Kehumasan dan Forum Komunikasi, Bekerja sama dengan sekbid yang lain dalam membuat kegiatan yang bermanfaat.

Baca juga : Cara membuat jadwal piket yang keren

Program Kerja Osis dalam bentuk tabel

Berikut ini dalam contoh program dalam bentuk tabel yang dapat kalian unduh, silahkan download untuk mendapatkan versi lengkapnya.

Download “Tabel Program Kerja OSIS” TABEL_PROGRAM_KEGIATAN_OSIS.pdf – Downloaded 1260 times – 116 KB

Program Kerja Osis dalam bentuk tabel
Program Kerja Osis dalam bentuk tabel

Tips Cara Menggalang Dana untuk Program Kerja OSIS

Beberapa tips ini dapat dipraktekkan guna mendanai kegiatan OSIS sekolah kalian:

  1. Menjual produk kepada siswa/ siswi di sekolah, sebenarnya ini sama dengan meminta bantuan, tetapi digantikan dengan imbalan produk. Pada kegiatan ini juga, kalian sekaligus dapat belajar berwirausaha.
  2. Meminta sumbangan kepada orang tua murid yang memiliki banyak uang, gunakan surat resmi yang ditanda tangani ketua OISI dan orang yang memiliki kewenangan lainnya.

Tips dia atas, harus benar-benar dikoordinasikan dahulu, jika sudah memiliki izin dan diperbolehkan, baru dilaksanakan.

Baca juga : Cara Mempromosikan Sekolah

Itulah beberapa hal yang mungkin dapat dilakukan oleh Ketua OSIS dalam menjalankan amanahnya, biar sekolah gak sepi-sepi amat, hehe. Jika kalian memiliki ide lain, tulis dikolom komentar ya, terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Contributor

Ditulis oleh Ulfa DJ

Hellooo

Years Of MembershipContent AuthorQuiz Maker

Yuk tulis komentar kamu