in

TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Kenapa matahari mengeluarkan panas dan apa penyebabnya?

Kenapa matahari mengeluarkan panas dan apa penyebabnya?
Kenapa matahari mengeluarkan panas dan apa penyebabnya?

Kenapa matahari mengeluarkan panas dan apa penyebabnya? dengan membaca artikel ini, berarti kalian memang anak yang hebat dan ingin belajar tentang ilmu sains. Ok langsung saja ke pembahasan tentang matahari. Sebelumnya, sebaiknya kalian menonton video ini terlebih dahulu.

Matahari terbuat dari apa? apa bahan bakar matahari?

Kumpulan zat hidroden yang membentuk bulatan menyerupai bola besar (raksasa) itulah yang membentuk matahari, jadi sekarang tahukan matahari terbuat dari apa? Pertanyaannya sekarang, bagaimana zat-zat hidrogen bisa berkumpul? Gaya tarik (gaya grafitasi) matahari yang melebihi gaya grafitasi bumi, yang menarik semua zat hidrogen dan terkumpul pada satu titik, ini adalah bahan bakar matahari.

Kenapa matahari mengeluarkan panas?

Pada saat zat hidrogen ditarik oleh gaya grafitasi matahari yang kuat, mengakibatkan temperatur (suhu) di sekitarnya meningkat begitu juga dengan tekanan yang terjadi antara masing-masing zat. Semakin lama proses ini semakin kuat, akibatnya mengeluarkan panas yang sangat amat panas, jadi itulah alasan kenapa matahari mengeluarkan panas.

Peristiwa ini disebut dengan reaksi fusi, dengan terjadinya reaksi ini membuat zat-zat hidrogen itu menyatu dan membentuk zat baru yang bernama helium.

Lalu, panas matahari berapa derajat?

Panas matahari mencapai 5505 derajat Celsius. Kalian bisa membayangkan betapa panasnya, karena setiap ibu kalian memasak air paling tinggi 100 derajat Celsius jarang yang sampai 200 derajat Celsius. Untuk melihat gambaran panas matahari berapa derajat? lihat video ini:

Apa perbedaan bumi dengan matahari

Perbedaan yang paling mencolok antara bumi dan matahari adalah tidak mungkin ada mahluk hidup yang bisa tinggal di matahari.

Sumber: https://belajar.kemdikbud.go.id/

Ok teman-teman, sekian penjelasannya semoga artikel ini bermanfaat. Sekarang yuk jawab pertanyaan di bawah ini.

  • Apakah sistem tata surya berada di dalam galaksi bima sakti?

    • Benar
    • Salah
  • Bumi lebih besar dari matahari?

    • Benar
    • Salah
  • Gaya gravitas bumi lebih besar daripada matahari?

    • Benar
    • Salah

Kamu juga bisa mengirim tulisan seperti ini. Yuk, Buat Sekarang!

Yuk tulis komentar kamu