in ,

SedihSedih SenangSenang KerenKeren NgakakNgakak TakutTakut KagetKaget

Ringkasan Cerita Anoman Duta

Ringkasan Cerita Anoman Duta
Ringkasan Cerita Anoman Duta

Ringkasan Cerita Anoman Duta. Anoman Duta adalah episode dalam lakon Ramayana. Ini pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas 6, Sekolah Dasar (SD).

Kisahnya dimulai dengan ketika raja Alengka yaitu Prabu Dasamuka yang berhasil menculik Dewi Sinta istri Rama Wijaya dan dibawa ke kerajaan Alengka.

Sementara Rama Wijaya suami Dewi Sinta terus mencari istrinya yang hilang. Hingga akhirnya Prabu Sugriwa bersama bala tentara kera yaitu Anoman, Satabali, Susena dan Winata untuk menghadap Rama Wijaya di Gunung Malyawan. Dengan restu Rama Wijaya, Prabu Sugriwa dan bala tentara kera disuruh menjelajah semua tempat di kiblat empat mencari Dewi Sinta.

Sebelum berangkat, Rama Wijaya memberikan cincinnya agar Dewi Sinta percaya bahwa Anoman ternyata telah ditunjuk sebagai “duta”. Berangkatlah Anoman dengan perintah Rama Wijaya.

Perjalanan Anoman ke Alengka ternyata penuh hambatan. Mulanya ia berjumpa dengan Dewi Sayempraba dan para dayang raseksi, salah seorang istri Prabu Dasamuka. Anoman dirayu, dan diberi buah-buahan beracun. Akibatnya Anoman menjadi buta.

Untunglah Anoman ditolong oleh Sempati, seekor burung raksasa yang pernah dianiaya oleh Dasamuka. Berkat pertolongan Sempati, kebutaan Anoman dapat disembuhkan. Sehingga dapat sampai ke negeri Alengka.

Hanoman telah tiba di Negeri Alengka, dan langsung pergi ke Taman Argasoka bertemu dengan Dewi Sinta dengan membawa cincin pemberian Rama. Dewi Sinta menyerahkan tusuk kondenya sebagai bukti bahwa anoman telah menemukannya, serta memberikan pesan untuk disampaikan kepada Rama Wijaya, bahwa “Sinta masih tetap setia pada suaminya.”

Baca:
Ringkasan Cindelaras
Ringkasan Timun Mas
Dongeng anak sebelum tidur
Perbedaan Resensi dan Sinopsis

Nah itulah Ringkasan Cerita Anoman Duta. Kamu bisa koreksi aku jika ada kesalahan. Terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu