in ,

Saluran Mobilitas Sosial dan Contohnya

Saluran Mobilitas Sosial dan Contohnya
Saluran Mobilitas Sosial dan Contohnya

Saluran mobilitas sosial dan contohnya. Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan tentang pengertian mobilitas sosial, juga dampaknya.

Apa yang dimaksud dengan saluran mobilitas sosial? Saluran mobilitas sosial merupakan sarana bagi seseorang atau golongan dalam mekalukan mobilitas sosial.

Pada artikel kali ini akan dibahas tentang contoh saluran-saluran mobilitas sosial pada berbagai lembaga dan organisasi yang ada di Indonesia.

Baca juga: Dampak mobilitas sosial

Saluran Mobilitas Sosial

Status sosial adalah alasan utama seseorang/ kelompok terus mengejar mobilitas sosial sehingga dapat tercapai sesuai dengan keinginan.

Selain itu mobilitas sosial juga salah satu cara seseorang agar dapat dihormati juga dihargai di masyarakat dan teman-temannya.

Berikut ini adalah saluran saluran mobilitas sosial dan contohnya, diantaranya:

Contoh saluran mobilitas sosial lembaga pendidikan

Lembaga pendidikan adalah jalan masuk utama seseorang mendapatkan status sosial, maka dari itu faktor ekonomi adalah salah satu penghambat mobilitas sosial warga miskin atau kurang mampu.

Namun, seiring perkembangan zaman, Pemerintah juga terus berupaya memberikan bantuan pada lembaga-lembaga pendidikan agar dapat membiayai anak-anak kurang mampu.

Tujuannya agar semua dapat sekolah minimal sampai SMA/ SMA, dengan ini pengetahuan yang mereka miliki dapat digunakan untuk berusaha, mulai dari wirausaha atau mengajukan beasiswa jika mampu.

Tentunya ini akan menjadi salah satu cara agar dapat menganggat status sosial keluarganya dikemudian hari.

Baca juga: Apa pengertian belajar dan pembelajaran?

Contoh saluran mobilitas sosial organisasi politik

Selain berdagang atau melanjutkan sekolah, seseorang yang sudah mendapatkan pendidikan dapat mendaftar menjadi anggota atau berpolitik.

Jika dia berhasil dan mendapatkan prestasi dalam bidangnya, maka status sosialnya akan naik, baik dalam organisasi politik yang dijabatnya juga di masyarakat.

Organisasi politik juga banyak mempunyai program yang tujuannya untuk membantu masyakat tidak mampu, jadi secara tidak langsung membatu mobilitas sosial pendidikan, dengan ini juga generasi muda dapat membangun daerahnya juga negaranya.

Contoh saluran mobilitas sosial organisasi ekonomi

Usaha seseorang akan maju dan besar jika adanya suntikan atau dukungan dana, maka organisasi ekonomi adalah salah satunya.

Misalnya saja koperasi yang dikelola oleh warga di daerah tertentu, maka akan membantu daerah tersebut untuk terus mendapatkan pinjaman dana, jika berhasil tentunya status sosialnya akan naik.

Pemerintah juga melalui program-programnya membantu para warga yang berusaha memberikan berbagai pinjaman modal dan memasarkan produk umkm, sehingga banyak yang mencoba berdagang.

Baca juga: Nilai pancasila dalam bidang politik

Contoh saluran mobilitas sosial organisasi profesi

Organisasi profesi juga memiliki peran penting, karena banyak juga yang memberikan sertifikasi kepada anggotanya, sebagai tanda layak menyandang profesi itu, seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Dengan ini juga anggota yang melanggar dapat teguran keras atau tidak boleh praktek menjadi doktet, namun jika berhasil maka akan mengangkat status sosialnya pada hierarki di masyarakat.

Contoh lainnya adalah Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dll.

Baca juga: Kumpulan cita-cita dalam bahasa Inggris

Itulah penjelasan singkat tentang Saluran Mobilitas Sosial, mohon koreksi jika ada kesalahan. Terima kasih sudah membaca dan menyebarkannya.

Contributor

Ditulis oleh Dimas A

Cita-citaku ingin menjadi seorang Dokter yang bisa merawat dan mengobati orang yang tidak mampu, menulis hanya hobi sesaat untukku... :)

Years Of MembershipStory MakerContent AuthorList MakerQuiz Maker

Yuk tulis komentar kamu