in

Sebetulnya Apa Itu Fabel Dan Contohnya

Apa Itu Fabel Dan Contohnya
Apa Itu Fabel Dan Contohnya

Apa Itu Fabel Dan Contohnya. Seberapa sering, kamu mendengar istilah fabel dalam kehidupan sehari-hari? Kalau kamu hanya menghela nafas pelan bahkan menggelangkan kepala, berarti kamu berbohong. Karena faktanya, kamu pasti sudah mengenal fabel bahkan sejak kecil. Jangan dulu emosi, tenang, kamu pernah menonton serial SpongeBob? Pernah mendengar kisah tentang Si Kancil?

Kalau kamu saat ini, menganggukkan kepala, bahkan tersenyum. Berarti bener, kamu berbohong soal tidak pernah mendengar istilah fabel. Supaya kamu lebih memahami apa itu fabel, yuk, baca artikel ini sampai selesai. Jamin deh, nanti kamu tidak akan tertipu lagi seperti tadi hehehe

Apa Itu Fabel?

Untuk mempermudah kamu memahami, apa itu fabel. Berikut ada poin-poin tentang seluk-beluk fabel yang wajib kamu ketahui. Disimak dengan teliti, woke?

Tokoh Utama Fabel Itu Binatang

Iyah, itu pasti. Yang namanya fabel, ya, tokoh utamanya pasti binatang. Karena dalam pengertiannya saja, fabel adalah cerita binatang, yang seolah-olah bisa berprilaku dan memiliki kehidupan layaknya manusia. Dalam fabel juga biasanya, binatang bisa berpikir, bisa marah, bisa bercanda, bisa bermain, memiliki orangtua juga. Menarik sekali bukan?

Alur Cerita Sederhana

Selanjutnya, cerita fabel ini biasanya sederhana dan pendek. Ya, karena, ini menyesuaikan dengan target cerita fabel itu sendiri, yang utamanya adalah anak-anak. Kebayang dong yah, kalau fabel memiliki episode dan banyak pemerannya persis sinetron. Tentu anak-anak tidak akan bisa,  menikmati fabel dengan mudah dan nyaman bukan?

Tujuannya Sebagai Pendidikan

Ini nih, yang menarik dari fabel. Walaupun terkesan hanya cerita sederhana, tetapi siapa yang menyangka, cerita fabel dibuat umumnya bertujuan untuk memberikan pelajaran kehidupan tertentu. Khususnya, untuk anak-anak. Ya, ibaratnya, bisa memberikan pelajaran secara menyenangkan. Menarik dan unik sekali bukan konsep fabel ini?

Penggunaan Kata Yang Mudah Dipahami

Yah, yang namanya juga targetnya anak-anak. Tentu penggunaan bahasa pun, menyesuaikan. Biasanya dalam cerita fabel, semuanya, menggunakan bahasa sehari-hari, yang pastinya bisa mudah dipahami oleh siapapun. Agaknya, ini dilakukan dengan tujuan, supaya anak-anak bisa lebih mudah memahami isi dari cerita fabel tersebut itu apa dan bagaimana. Iya enggak sih?

Fabel Itu Termasuk Dongeng

Betul sekali, fabel itu termasuk kedalam cerita dongeng. Iyah, cerita karangan yang bertujuan untuk menghibur sekaligus memberikan pengajaran kepada anak-anak. Biasanya cerita jenis ini juga fantasi alias tidak nyata, jarang sekali ada kasus dimana cerita dongeng itu kenyataan. Ya, ambil contoh aja deh, memangnya kamu pernah melihat spon berjalan layaknya Spongebob, kan enggak yah. hehehe

Bagaimana, setelah menyimak poin-poin diatas. Kira-kira, kamu sudah memahami belum nih, apa itu fabel? Kalau iyah, tambah lagi yuk, pemahaman kamu soal fabel. Dengan mengetahui dan memahami contoh-contoh fabel yang ada di Indonesia.

Baca:
Apa Itu Saga dan Contohnya
Apa Itu Mite dan Contohnya

Contoh-Contoh Fabel

Rasanya enggak afdol, kalau kamu sudah mengetahui apa itu fabel, tetapi belum mengetahui contoh-contoh fabel itu apa saja. Betul? Jadi yuk, teliti kembali poin-poin dibawah ini. Oke?

Keledai Malas

Pernah mendengar fabel ini tidak? Iyah, fabel yang menceritakan tentang keledai yang memiliki rasa malas enggak ketulungan. Bahkan dia selalu mencari cara dan berusaha untuk tidak mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh tuannya sendiri. Yang  kebetulan, memiliki profesi sebagai tukang cuci. Jadi kebayang, tingkah menyebalkan apa yang dilakukan si keledai untuk kabur yang berujung sia-sia. Cukup bisa menghibur bukan?

Si Kancil

Tentu sudah tidak asing lagi dong yah, dengan fabel yang satu ini. Kancil yang diceritakan memiliki sifat yang licik tetapi sayangnya cerdik ini, memang andalan hiburan untuk segala kelangan. Apalagi, pada saat adegan cerita, dia menipu hewan lain soal hari kiamat, yang semata-mata dia lakukan untuk keluar dari lubang tempat dimana dia terjebak. Sungguh bijaksana sekali bukan?

Kura-Kura dan Kelinci

Fabel ini juga tidak kalah terkenal dengan si kancil, tentu kamu pernah denger juga kan? Iyah, Fabel yang menceritakan tentang kelinci yang sombong, dengan kura-kura yang baik hati. Tetapi, tentu saja yang akan selalu berakhir bahagia adalah kura-kura. Sedangkan kelinci hanya bisa gigit jari. Betul?  hehehe

Setelah kamu menyimak artikel ini, sampai disini. Jadi penasaran, apakah pertanyaan kamu soal apa itu fabel dan bagaimana contoh fabel sudah terjawab apa belum nih?

Yuk tulis komentar kamu