in ,

NgakakNgakak TakutTakut SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Sebutkan 3 macam fungsi otot pada manusia

Sebutkan 3 macam fungsi otot pada manusia
Sebutkan 3 macam fungsi otot pada manusia

3 macam fungsi otot pada manusia. Pada acara Asian Games 2018 kemarin, mungkin ada yang melihat atlet angkat berat, tubuhnya dipenuhi dengan otot yang sangat banyak. Tidak seperti kamu yang dipenuhi lemak, hehe.

Untuk dapat mengangkat beban seberat itu, tentunya diperlukan latihan yang kuat dan tidak sebentar, harus rajin dan tekun, sehingga bisa menjadi atlet.

Atau kalian tahu superhero (spiderman)? lihat bagaimana otot pada tubuhnya berfungsi dengan baik, sehingga bisa memanjat, berayun, bahkan menahan serangan musuh.

Baca juga :

  1. Cara kerja peredaran darah manusia
  2. Cerita anak tentang superhero

Tapi, bukan itu yang mau aku bahas di sini, aku ingin menjelaskan secara singkat tentang jaringan fungsi otot pada tubuh kita.

Apa itu otot?

Otot adalah suatu jaringan yang menggerakkan tulang, terdapat pada manusia dan hewan, sehingga kita bisa leluasa dalam bergerak.

Dengan adanya otot, kita dapat mengangkat barang, memegang sesuatu, berlari atau berjalan, dll. Otot juga dapat menggerakkan jantung kita, jika jantung bekerja dengan baik, maka aliran darah akan lancar.

Nah, untuk itu lah alasan kita harus berolahraga, untuk meregangkan otot-otot yang tersusun di dalam tubuh kita, sehingga lebih sehat dan bugar.

Sebutkan 3 macam fungsi otot pada manusia

Berikut ini adalah tiga fungsi otot di dalam tubuh kita, diantaranya:

Menghasilkan gerakan

Otot penggerak merupakan rangka otot yang tersusun berpasangan, namun pada sisi yang berlawanan dengan sendi, sehingga ketika otot berkotraksi, maka pasangannya harus rileks, untuk menggerakkan tulang kita. Jika keduanya bekerja kita tidak akan bisa bergerak atau jadi kaku.

Mempertahankan postur

Maksud postur disini bukan bentuk badan yang ideal ya, tetapi menjaga agar kepala kita tetap tegak, bahu, dan tulang belakang bekerja dengan optimal, hasilnya adalah, kita bisa menengok ke kanan dan kiri, dapat berdiri dan berjalan dengan baik.

Jika otot itu tidak berfungsi, bisa-bisa kepala miring, kita tidak bisa duduk, atau bahkan badan kita jadi lembek, hehe.

Memberikan kehangatan

Pernah gak sih kamu kedinginan? apa yang kamu lakukan, mengencangkan seluruh ototkan? ketika kamu menggigil kedinginan maka tangan akan akan mengepal dan merapatkan kedua tangan ke dada.

Ternyata pada proses itu, otot sedang bekerja, merespon secara cepat untuk menghasilkan panas di dalam tubuh kita.

Baca juga : Akibat kekurangan Vitamin D pada anak

Terima kasih sudah membaca 3 macam fungsi otot pada manusia, semoga bermanfaat dan mohon koreksi jika salah.

Yuk tulis komentar kamu