in

Sebutkan 4 cara dalam menghindari perbuatan syirik

Sebutkan 4 cara dalam menghindari perbuatan syirik
Sebutkan 4 cara dalam menghindari perbuatan syirik

Bagaimana cara dalam menghindari perbuatan syirik. Pada pembahasan kali ini merupakan kunci jawaban Pelajaran Agama Islam (PAI), Kelas 10 (1 SMA). Apa itu Syirik?

Pengertian Syirik adalah suatu bentuk perbuatan manusia dalam menyekutukan Allah SWT. Sederhananya, orang ini mempercayai ada kekuatan lain yang bisa menolongnya selain Tuhan Yang Maha Esa. Orang yang melakukannya disebut musyrik.

Dosa dari akibat perbuatan syirik ini susah diampuni, atau bisa dikatakan sulit, maka dari itu, kita harus menjauhi atau menghindarinya, sebab setan akan senantiasa mendorong umat manusia ke jalan ini.

Baca: Perbedaan Subhanallah dan Masya Allah

4 cara dalam menghindari perbuatan syirik

Lalu, bagaimana cara menghindari perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari atau pada masa modern sekarang ini?

  • Melaksanakan ibadah wajib, yaitu sholat 5 waktu, kemudian menjalankan juga perintah sunnah Nabi Muhammad SAW, sehingga kita semakin yakin akan keagungan Allah SWT.
  • Yakin bahwa apapun itu terjadi atas izin Allah, tidak ada yang bisa memaksakan apapun tanpa kehendaknya.
  • Bergaul dengan orang-orang yang memiliki ilmu agama baik, sehingga kita bisa ikut terbawa arus kebaikan selama hidup di dunia.
  • Tawakal dan berserah diri atas apa yang menimpa kita, serta yakin dengan qada dan qadar yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT.

Baca:
Apakah Nabi memiliki sifat seperti manusia?
Sebutkan isi perjanjian hudaibiyah
Nabi Ulul Azmi

Nah teman, jadi itulah jawaban dari soal Sebutkan 4 cara dalam menghindari perbuatan syirik. Koreksi jika aku salah. Terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel penulis cilik ini.

Yuk tulis komentar kamu