in

Sebutkan jenis-jenis batik berdasarkan proses pembuatannya!

sebutkan jenis-jenis batik berdasarkan proses pembuatannya
Jenis-jenis batik berdasarkan proses pembuatannya

Sebutkan jenis-jenis batik berdasarkan proses pembuatannya! Ini pelajaran tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), materi Seni Rupa.

Batik Indonesia sudah terkenal hingga ke mancanegara, karena pada tangga 2 Oktober 2009, UNESCO sudah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Sobat penulis cilik, setiap tanggal dan bulan yang sama juga diperingati sebagai hari Batik Nasional. Bagaimana kamu bangga kan, batik sudah mendunia?

Jenis-jenis batik berdasarkan proses pembuatannya!

Tahukah kamu bahwa ada 3 jenis batik dilihat proses membuatnya, apa sajakah itu?

sebutkan jenis-jenis batik berdasarkan proses pembuatannya
Jenis-jenis batik berdasarkan proses pembuatannya

Dari buku yang berjudul Batik, yang ditulis oleh Herry Lisbijanto pada tahun 2013, pada halaman ke 10, beliau menjelaskan 3 jenis batik menurut teknik pembuatannya, yaitu:

Batik Tulis

Cara pembuatan batik tulis masih secara manual, dimana pembatik menggunakan canting untuk menempelkan malam pada pola atau corak batik yang sudah dibuat sebelumnya.

Proses pembuatan batik tulis ini memakan waktu yang cukup lama, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi. Hasil batik yang sudah jadi tidak akan sama persis walau motifnya sama.

Kerumitan dalam proses pembuatan ini lah yang menjadikan harga batik tulis sangat mahal. Jadi sangat cocok jika dahulu, batik hanya dipakai oleh para raja, pembesar keraton, dan bangsawan.

Batik Cap

Hampir sama dengan batik tulis, proses pembuatan batik cap masih tergolong manual, namun lebih mudah.

Pembatik hanya menempelkan cap bermotif batik (mirip stempel) yang sudah dicelupkan pada cairan malam di atas lembaran kain. Cap ini menggantikan fungsi canting.

Karena prosesnya yang relatif lebih singkat, banyak orang yang beranggapan ini batik jenis kurang bernilai, jadi harganya tidak semahal batik tulis.

Batik Lukis

Pada pembuatan batik lukis, pembatik langsung menggambar di atas kain putih untuk membuat motif dengan cairan malam.

Batik jenis ini tidak terpaku pada pakem/ aturan dari motif yang sudah ada sebelumnya, jadi pengrajin bisa bebas berekspresi sendiri.

Baca:
Apa tujuan awal pembuatan batik?
Perbedaan Batik Tradisional dan Batik Modern

Itulah kunci jawaban dari soal: Sebutkan jenis-jenis batik berdasarkan proses pembuatannya! Bagikan dan koreksi ya!

Yuk tulis komentar kamu