in

SedihSedih SenangSenang KagetKaget

Sebutkan Syarat-syarat sah Shalat!

Sebutkan Syarat-syarat sah Shalat!
Sebutkan Syarat-syarat sah Shalat!

Sebutkan Syarat sah Shalat! Hai semuanya.. Selamat datang di Penulis Cilik. Situs Web yang mendukung pendidikan anak Indonesia.. Aku akan kembali membahas salah satu soal di lembar kerja siswa tugas sekolahku..

Kali ini, yang akan kubahas adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) kelas 6 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah kategori pelajaran Fikih.

Lamgsung saja yuk kita bahas soalnya.. akan kuulang kembali pertanyaanya. Yaitu.. “Sebutkan syarat syarat sahnya shalat!” Ada yang sudah tahu jawabannya? Sebagai anak muslim, kalian pasti ada yang sudah mengetahuinya. Namun, mungkin ada juga diantara kalian yang belum tahu

Shalat itu adalah ibadah seorang Muslim yang paling utama dan memiliki kedudukan mulia. Banyak dalil dalil dari hadits nabi maupun Al Quran yang menunjukan kedudukan dan mulianya shalat.

Dan sebelum Shalat, kita wajib mengetahui dan memenuhi syarat sah shalat dahulu. Karena jika kita tidak memenuhi syarat sahnya, maka shalat kita tidak akan di terima oleh Allah subhananahu wa ta’ala.

Syarat sah Shalat

Simak penjelasan syarat sahnya shalat hanya disini ya..

1. Mengetahui masuknya waktu

Dalilnya ada dalam Firman Allah di dalam kitab suci Al Quran yang artinya ” Sesungguhnya Shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang orang yang beriman ” (QS. An-Nisa : 103).

2. Suci dari hadats (pembatal wudhu atau najis) besar dan kecil.

Dalilnya ada dalam hadits Ibnu Umar. Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda ” Allah tidak menerima Shalat (yang dikerjakan) tanpa bersuci ”

3. Kesucian baju, badan, dan tempat yang digunakan untuk Shalat.

Ketika Shalat, kalian harus menggunakan pakaian yang bersih lagi baik. Jangan gunakan pakaian yang lusuh dan kotor. Begitupun dengan tubuh dan tempat Shalat kita.

4. Menutup aurat

Terutama bagi seseorang yang sudah memasuki usia baligh. Dan bagi kalian yang belum mengetahui batasan aurat, biar ku beritahu ya..Batasan aurat bagi pria adalah antara tali pusar dan lututBatasan aurat bagi wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan saat Shalat

5. Menghadap kiblat

Tentulah kita wajib menghadap ke arah kiblat kita. Yaitu Ka’bah yang terletak di kota Makkah Saudi Arabia

6. Niat

Niat sebelum Shalat juga penting dilakukan. Dan niat itu terletak dalam hati. Jadi tak perlu diucapkan dengan lisan.

Baca:
Syarat wajib sholat
Bacaan qunut
Stiker doa islami
Rukun Iman dan Islam
Bahaya jika seseorang mengingkari janji
Tata cara sholat Idul Fitri di Rumah
Tata cara sholat jenazah laki-laki dan perempuan

Nah teman, itu dia jawaban syarat sahnya Shalat. Apakah kalian memiliki jawaban lain? Silahkan tulis di kolom komentar ya.. Terima kasih sudah membaca.. Semoga Bermanfaat..

Kamu juga bisa mengirim tulisan seperti ini. Yuk, Buat Sekarang!

Yuk tulis komentar kamu