in

NgakakNgakak

Siapa penemu mesin uap itu?

Siapa penemu mesin uap itu?
Siapa penemu mesin uap itu?

Siapa penemu mesin uap itu?

Penemu mesin uap adalah James Watt, (Tlg lahir, 19 Januari 1736, Greenock, Skotlandia). Ibunya bernama Agnes Muirhead. Pada usia dia 18 tahun, Ibunya meninggal.

Berawal dari izinnya untuk mendirikan perusahaan ditolak, akhirnya dibantu 3 orang profesor dari Universitas Glasgow, akhirnya James Watt diperbolehkan membuat workshop di sekitar kampus.

Empat tahun berlalu, James Watt mulai membuat percobaan dengan uap, ini juga karena Professor John Robison yang memperkenalkan sebuah mesin kepadanya.

Dengan kemampuan seadanya, karena memang sama sekali belum pernah menggunakan mesin tersebut, James Watt terus berusaha dan mencoba. Dengan ketekunan dan ketelitian dia terus mencoba dan mencoba, walau model mesin yang dibuatnya selalu gagal.

Penemu mesin uap

Proses yang dilaluinya memang tidak mudah, kemudian dia berhasil mengidentifikasi pentingnya energi panas. Melihat ini, James Watt semakin tertarik dengan percobaanya.

Pada tahun 1765, James Watt mengumumkan keberhasilannya dalam pembuatan model mesin uap. Atas idenya ini sekaligus pemicu revolusi industri sampai saat ini.

Sebagai bentuk penghargaan kepadanya, Watt diambil dari nama belakang James Watt jigunakan sebagai satuan (W) oleh International System of Units(SI) sampai sekarang digunakan seluruh dunia.

Nah, jika ada pertanyaann¬†siapa penemu mesin uap itu? sudah tahu kan jawabannya…

Yuk tulis komentar kamu