in

Sikap keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam perang badar

Sikap keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam perang badar
Sikap keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam perang badar

Ceritakan bagaimana sikap keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam perang badar. Ini pelajaran kelas 5, Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI), Pelajaran Agama Islam (PAI).

Keperwiraan sama dengan kepahlawanan. Dapat juga diartikan sebagai bentuk keberanian atau sesuatu yang menjelaskan sifat-sifat perwira. [1]

Kamu bisa baca cerita singkat terjadinya peristiwa Perang Badar terkait kisah ini. Namun aku akan coba ringkaskan lagi.

Sikap keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam perang badar

Nabi Muhammad SAW dikenal memiliki keberanian, keyakinan, serta kecerdikannya dalam berperang khususnya menghadapi kaum kafir Quraisy.

Perang badar terjadi pada tanggal 17 Ramadhan Tahun 2 H (Hijriyah), terjadi di desa Badar yang terletak antara kota Mekah dan Madinah.

Secara logika tidak masuk akal pasukan kaum muslimin bisa menang, karena jumlah pasukan yang berbeda jauh. 1000 orang kaum kafir quraisy melawan 314 orang kaum muslimin.

Strategi Nabi Muhammad SAW pada perang Badar adalah dengan menguasai sumber air di sekitar peperangan, tentunya kaum kafir sudah kalah dari segi strategi.

Peperangan bermula dari perang tanding kemudian menjadi perang massal.

  • Pada perang tanding 3 perwakilan kaum muslimin berhasil menang, kemudian 3 perwakilan kaum kafir quraisy mati.
  • Pada perang massal, kaum 70 orang quraisy mati dan 14 kaum muslimin mati sahid, namun kaum muslimin berhasil menawan 70 orang quraisy.

Pesan moral

Di manapun kita berada dan pada kondisi sesulit apapun yakinlah ada pertolongan Allah SWT dan kita harus mengedepankan Iman yang kuat serta Ikhlas karna Allah SWT.

Baca:
Sebutkan perang apa saja yang diikuti oleh Rasulullah SAW
Jelaskan latar belakang terjadinya perang tabuk
Sebutkan isi perjanjian hudaibiyah
Peta Pikiran Perjanjian Linggarjati
Peta Pikiran Pertempuran Surabaya

Nah sobat itulah Sikap keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam perang badar. Koreksi jika aku salah dan bagikan jika ini bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu