in

Sikap orang kreatif dalam menghadapi suatu permasalahan ekonomi

Bagaimana sikap orang kreatif dalam menghadapi suatu permasalahan ekonomi
Bagaimana sikap orang kreatif dalam menghadapi suatu permasalahan ekonomi

Bagaimana sikap orang kreatif dalam menghadapi suatu permasalahan ekonomi? Ini adalah kunci jawaban pelajaran IPS, Sekolah Menengah Pertama (SMP). Apakah kamu tahu apa itu kreatif?

Kreatif adalah suatu kemampuan dari seseorang dalam membuat sesuatu yang baru atau memodifikasi yang sudah ada. Jika kemampuan ini terus dikembangkan maka akan menghasilkan suatu inovasi.

Umumnya orang kreatif akan memiliki banyak ide dalam melihat suatu permasalahan yang dihadapinya ataupun masalah yang dia lihat dari orang lain.

Baca juga: Perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK

Sikap orang kreatif dalam menghadapi suatu permasalahan ekonomi

Masalah ekonomi memang kerap muncul dalam kehidupan sehari-hari, bahkan tidak jarang menjadi masalah serius, sampai-sampai pemerintah turun tangan mengeluarkan berbagai kebijakan.

Lalu bagaimana sikap orang kreatif dalam menghadapi suatu permasalahan ekonomi?

  1. Mencari sumber masalah yang dihadapi
  2. Membandingkan masalah yang ada dengan masalah yang pernah ada sebelumnya
  3. Mencari solusi dalam menghadapi permasalahan yang ada

Baca juga: Teknologi hijau era globalisasi

Contoh orang kreatif

Umumnya orang kreatif selalu berani, itulah mengapa sikap percaya diri dapat menjadikan seseorang memiliki kreativitas tinggi.

Mereka selalu menghargai waktu, bahkan dalam keadaan santaipun mereka masih berpikir, itulah sikap orang kreatif dalam memanfaatkan waktunya.

Berikut ini adalah Contoh orang kreatif, diantaranya:

  1. Sulitnya memasarkan produk dan biaya iklan yang cukup mahal, maka hadirlah Bukalapak (Ahmad Zaki) dan Tokopedia (William Tanuwijaya), dimana dengan aplikasi ini dapat membantu para pengusaha kecil untuk memasarkan produk mereka. Tentunya dengan adanya dagangan mereka bisa laku hanya dengan bermodalkan foto.
  2. Akses transportasi cukup sulit bagi mereka yang tinggal di gang kecil, bahkan bagi mereka yang tinggal di komplek juga lumayan susah, maka dari itu lahirlah Gojek (Nadiem Makarim) yang menyelesaikan masalah itu. Ini juga termasuk dari manfaat kegiatan ekonomi pada bidang jasa.

Baca juga:
Gambar poster globalisasi
Perbedaan ekonomi makro dan mikro

Itulah bagaimana sikap orang kreatif dalam menghadapi suatu permasalahan ekonomi. Mohon koreksi jika aku salah ya. Terima kasih sudah membaca artikel penulis cilik buatanku. Semoga bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu