in

NgakakNgakak SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Soal: Apa keterkaitan antara warga digital dengan kewargaan digital

Apa keterkaitan antara warga digital dengan kewargaan digital
Apa keterkaitan antara warga digital dengan kewargaan digital

Jawaban: Apa keterkaitan antara warga digital dengan kewargaan digital. Ini menarik untuk dibahas, mengingat banyak sekali orang yang sembarangan dalam menggunakan media digital.

Banyak yang asal publikasi, atau menyerang orang lain, yang lebih parahnya, mereka menggunakan akun baru atau akun yang sama sekali mereka gunakan, tujuannya ya agar dapat dilacak atau diketahui keberadaannya, atau dapat dikatakan anonymous.

Baca juga: Cara membuat topeng anonymous

Sebelum lebih lanjut, sebaiknya kita kenalan dahulu dengan apa yang dimaksud dengan warga digital dan kewargaan digital.

Apa keterkaitan antara warga digital dengan kewargaan digital

Aku jabarkan perbedaan mendasar antara definisi dari warga digital dan kewargaan digital, sederhananya Warga digital adalah seseorang yang mencoba memanfaatkan teknologi komunikasi (internet) dan memanfaatkannya.

Baca juga: Mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak pasal?

Kewargaan digital adalah norma atau perilaku yang baik dan benar dalam menggunakan internet, dapat juga diartikan sebagai aturan pengguna internet agar berperilaku dengan penuh tanggung jawab.

Lalu apa keterkaitan atau hubungan keduanya? tentu setelah mengerti penjelasannya, aku yakin kamu sudah bisa menjawabnya, yaitu media digital sebagai sarana dan kewargaan digital adalah aturannya, jika semua itu tercapai, maka:

  • Semua pengguna akan semakin pintar dan bijak dalam menggunakan media digital yang dimilikinya
  • Membuat semua pengguna media digital akan merasa nyaman, tanpa adanya rasa curiga satu sama lain atau melanggar privasi satu dan lainnya.
  • Memberikan kepastian hukum kepada pelanggar, sehingga adanya sifat jera kepada pelanggarnya.

Baca juga: Jelaskan peran dari perangkat digital dalam membantu pekerjaan manusia

Teman, berikut ini aku coba tuliskan 9 komponen pembentuk kewargaan digital, diantaranya:

  1. Akses digital
  2. Komunikasi digital
  3. Literasi digital
  4. Hak digital
  5. Etiket digital
  6. Keamanan digital
  7. Hukum digital
  8. Transaksi digital
  9. Kesehatan digital

Kita sebagai warga digital tentunya harus mempunyai prinsip untuk tidak mengganggu atau menyinggung orang lain, agar tidak terjadi perpecahan antara masing-masing pengguna.

Baca juga: Apa perbedaan AM dan PM

Nah, itulah penjelasan singkat tentang Apa keterkaitan antara warga digital dengan kewargaan digital, mohon koreksi jika aku salah ya, Terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel ini.

Yuk tulis komentar kamu